Proktek UNBK SMP, SMA, SMK/MA Ikuti Pelatihan

by -16 views

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Puluhan Proktor dan Teknisi (Proktek) SMP, SMA, SMK dan MA mengikuti pelatihan penggunaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) 2015/2016 di SMKN 2 Bogor, Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, akhir pekan lalu. Peran Proktek sendiri sangat vital, sebab dalam UNBK ini, kewenangan petugas proktor sebagai pengawas pelaksanaan UNCBT di sekolah. Sedangkan teknisi petugas pengelola laboratorium komputer (penata komputer) di sekolah sebagai pelaksana UNBK. ”Karena vitalnya peran proktor dan teknisi, maka mereka harus memenuhi kriteria dan persyaratan tertentu. Makanya, mereka diberi pelatihan selama sehari,” ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Jana Sugiana didampingi Kepala Seksi Pendidikan Menengah Jajang Koswara kepada Metropolitan.
Dalam menghadapi UNBK, Jana optimis bahwa para siswa nantinya tak akan mengalami kesulitan dalam menghadapinya. Sebab, Disdik maupun sekolah-sekolah telah menyiapkan anak didik dan melakukan pelatihan kepada para guru untuk melaksanakan UNBK. “Bimbingan teknis dan pelatihan para guru juga sudah kita lakukan ,” katanya.
Menurut Jana, nantinya para proktor diberi kewenangan sebagai pengawas pelaksanaan UNCBT di sekolahnya masing-masing. Begitu juga dengan teknisi, akan diberikan tugas dalam pengelolaan laboratorium komputer (penata komputer) di sekolah yang melaksanakan UNCBT. ”Mereka merupakan seorang guru yang memiliki kompetensi di bidang Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK) serta guru atau staf sekolah yang memiliki pengetahuan keterampilan dan pengalaman dalam mengelola LAN (bidang internet) di sekolahnya masing-masing,” ujarnya. (tur/ar/ram/run)