News, Sport and Lifestyle

Puting-beliung Hantam Pemukiman di Pesisir Pantai Palabuhanratu

METROPOLITAN.ID – Angin kencang yang terjadi sekitar pukul 04:00 WIB dinihari kemarin dan pukul 17:00 WIB kemarin meluluh-lantakkan pemukiman warga di Kampung Panyairan Majelis, RW 18, 19, Kampung Pilar, RT 02/32 dan Perum BTN Pantai Ratu Indah, RT 01/33, Kelurahan Palabuhanratu.
Menurut Asep Mita, puting-beliung menyapu rumah H Embad, rumah kontrakan, antena parabola dan Rumah Potong Hewan (RPH) milik Bah Adud. Kerugiannya ditaksir Rp40 juta.
Sedangkan peristiwa kedua menyebabkan sebuah pohon kalujaran setinggi 20 meter dan diameter 1,2 meter menimpa dua rumah di Kampung BTN serta satu pohon kelapa menimpa jaringan listrik.
Adapun rumah yang tertimpa pohon, yakni milik Dasep (50) dan Titus (48). Kondisi rumah rusak berat dan kerugiannya diperkirakan menelan anggaran Rp80 juta.
Saksi mata, Elis Mulyani (45), mengatakan, puting-beliung terjadi pukul 17:00 WIB. Saat itu ia sedang mencuci pakaian di kamar mandi. Saat kejadian, pohon menimpa rumahnya yang ketika itu putrinya, Tia (20) dan ibunya Patimah (70), sedang ada di dalam.
“Posisi pohon masih berada di atas bangunan kedua rumah warga akibat pohon terlalu tua dan akarnya sudah keropos,” ungkapnya seraya meminta pemerintah segera turun tangan ke lokasi.
Sementara itu, Sekcam Palabuhanratu Iwan Gunawan beserta Lurah Palabuhanratu Latipah Triana G kemarin pagi sudah mendatangi rumah warga yang terkena musibah. Begitu pula Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi sudah mensurvei lokasi.
Pantauan di lokasi kemarin, ketua RT bersama warga bergotong-royong membersihkan pohon dan ranting yang menutupi kedua rumah warga.(sop/imn/sal/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *