METROPOLITAN.ID | BOGOR – Ribuan siswa SD dari enam kecamatan yang ada di wilayah Kota Bogor mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan International Mathematics and Science Olympiade (IMSO) mata pelajaran Matematika dan IPA Tingkat Kecamatan Tahun 2016 di tempat berbeda, kemarin. Sasaran kegiatan ini untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya bidang Matematika dan IPA serta menyeleksi peserta didik terbaik tingkat kecamatan untuk diikutsertakan pada ajang kompetisi tingkat Kota Bogor.
Panitia pelaksana tingkat Kecamatan Bogor Barat Asep Dadan kepada Metropolitan menjelaskan, lomba tersebut diikuti sekitar 248 siswa SD yang ada di wilayah Kecamatan Bogor Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SDN Sindangbarang 1, Jalan Sindangbarang Pilar. Sedangkan peserta dibagi dua jalur, yaitu jalur A sebanyak 124 siswa dan jalur B sebanyak 124 siswa.
”Kegiatan OSN dan IMSO ini merupakan kegiatan rutin tahunan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor yang nantinya para juara pertama akan mewakili Kecamatan Bogor Barat untuk bertanding ke tingkat Kota Bogor. Maka, diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan Matematika dan IPA secara komprehensif melalui kreativitas dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas” imbuhnya.
Sementara itu, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Dasar (MKKSD) Dedi berharap, dengan kegiatan ini dapat memotivasi para siswa agar meningkatkan kemampuan intelektual dan mengembangkan minat di bidang Matematika dan IPA. Sehingga, dapat berkreasi  dan berinovasi sesuai kemampuan. Tidak itu saja, hal ini juga untuk mencari bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ke tingkat Kota Bogor.
Sedangkan, pelaksanaan OSN dan IMSO di Kecamatan Bogor Selatan diikuti sekitar 200 siswa SD di SDN Bondongan, Kelurahan Bondongan. Kata Ketua Panitia OSN dan IMSO tingkat Kecamatan Bogor Selatan Subadri kepada Metropolitan, para peserta tersebut merupakan utusan terbaik dari sekolah yang ada di Kecamatan Bogor Selatan. ”Jadi, saya berharap agar tim penilai benar-benar melakukan penilaian yang objektif. Sehingga nantinya, utusan dari Kecamatan Bogor Selatan benar-benar memiliki siswa berkualitas,” imbuh Subadri.
Sementara itu, Pengawas Bogor Selatan Ahmad Mustika berharap, siswa yang ikut dalam lomba ini benar-benar dapat berkompetisi secara sehat agar anak-anak dapat mengerjakan dengan baik dan benar. Sebab, kegiatan ini sekaligus menguji kemampuan peserta didik dalam bidang Matematika dan IPA. Selain itu, tambahnya, untuk mengidentifikasi para peserta didik berprestasi di setiap sekolah dan kecamatan dalam bidang Matematika dan IPA.
Kegiatan yang sama juga dilaksanakan Kecamatan Bogor Timur di SDN Bangka. Menurut Ketua MKKSD Kecamatan Bogor Timur Dede Ilyas didampingi Ketua Panitia Niftahudin kepada Metropolitan menjelaskan, program kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan Disdik Kota Bogor. Hal ini bertujuan untuk mencari  bibit berbakat, terutama bidang studi IPA dan Matematika. ”Insya Allah, kegiatan ini benar-benar fair play. Sehingga, nantinya menghasilkan siswa terbaik dan berbakat, terutama dalam penguasaan dan pemahaman basis Sains dan Matematika,” timpal Pengawas Bogor Timur Endang Sumarna. (boy/do/tur/ar/sal/run)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here