Sekda Cari Pengganti Camat Palabuhanratu

by -0 views

METROPOLITAN.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi angkat bicara soal kasus penahanan Camat Palabuhanratu, SH. Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri mengaku sudah mengambil langkah antisipatif agar pelayanan publik tetap berjalan lancar.
Pemkab juga, kata dia, sudah memberi bantuan hukum kepada yang bersangkutan. “Kami merasa turut prihatin atas kejadian ini. Dia bekerja cukup bagus, reponsif mungkin itu hanya kesalahan prosedur atau apalah namanya,” kata Iyos kepada Metropolitan, kemarin.
Adanya tudingan camat tersebut akan berjuang sendiri atau menjadi pihak yang dikorbankan, Iyos enggan menanggapinya. Menurut dia, pihaknya responsif dan selalu koordinasi dengan bagian hukum. Sebagai upaya konkret, Iyos juga mengaku sudah membesuk SH ke Lapas Warungkiara. “Alhamdulillah, beliau dalam keadaan tegar dan pelayanan di lapas cukup baik,” ujarnya.
Terkait status jabatan dan kepegawaiannya, lanjut Iyos, yang bersangkutan akan diberhentikan sementara jika proses hukumnya terus berlanjut. “Seandainya per­mohonan penangguhan dikabulkan, yang bersangkutan bisa bekerja kembali,” terangnya.
Untuk mengantisipasi kekosongan jabatan di Kecamatan Palabuhanratu, pihaknya masih menunggu kepastian dulu dari Kejari atau Kepala Lapas. Sehingga bisa menentukan mengisi kekosongan jabatan dengan Pelaksana Harian (Plh) atau Pelaksana Tugas (Plt). “Karena ini berada di ibukota kabupaten, kami akan segera menentukan pejabat pengganti sementaranya. Ada pun pejabat yang akan mengisi kekosongan, kita tunggu dua, tiga hari ke depan sudah ada,” ucap Iyos.
Sebelumnya, mantan Camat Cibadak yang kini menjadi Camat Palabuhanratu, SH, ditahan pada Jumat (29/2). Ia tersangkut kasus alih fungsi lahan PT Tenjojaya seluas 299 hektare di Desa Tenjojaya, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Penahanan dilakukan setelah Kejari Cibadak menetapkan dua tersangka, yaitu Kepala Desa Tenjojaya S dan Camat Palabuharatu SH. (sop/els/wan)