SHARE

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Dalam melestarikan warisan budaya tradisional nenek moyang kita yang hampir terkikis zaman, murid SDN Pabuaran Cilendek diajari tari jaipong yang dilaksanakan di sekolahnya di Jalan Gang Mesjid, Kelurahan Cilendek Timur, Kecamatan Bogor Barat.

Kepala SDN Pabuaran Cilendek yang baru Saeturochman kepada Metropolitan, kemarin, mengatakan bahwa dirinya akan terus menggalakkan minat para siswa untuk belajar tari tersebut sebelum peserta didik mempelajari budaya asing. ”Untuk ekstrakurikuler di SDN Pabuaran Cilendek, awalnya cuma ada Pramuka dan silat. Namun sekarang ada lima kegiatan, di antaranya Silat, Pramuka, Tari Jaipong, Degung/Karawitan dan Baca Tulis AlQuran (BTQ),” tambahnya.
Pada kesempatan ini, ia juga menjelaskan misi sekolah ini yaitu mencerdaskan anak didik, jujur serta berbudaya yang dilandasi iman dan takwa. ”Insya Allah, untuk program jangka panjang selama empat tahun, Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang akan datang menjadi sekolah modern berbasis Information and Technology (IT). Sehingga, lulusannya akan menjadi manusia yang cerdas, jujur, terampil yang berlandaskan iman dan takwa.
Sedangkan, jangka pendeknya akan menggiatkan atau mempertahankan medali yang pernah diraih seperti voli dan atletik. Jika bisa, nantinya bertambah dengan yang baru serta membenahi taman atau halaman sekolah dengan melengkapi sarana dan prasarana yang belum ada secara bertahap,” pungkasnya.
Untuk mencapai hal itu, ia akan selalu berusaha untuk berkerja sama dengan para guru. Bahkan, menganggapnya seperti saudara sendiri. ”Mudah-mudahan hal itu dapat tercapai, terutama dari sekolah akreditasi B menjadi akreditasi A,” harap Saeturochman. (boy/tur/ar/ram/run)

Komentar Anda?

LEAVE A REPLY