News, Sport and Lifestyle

Siswa SMK BCI Bersiap Hadapi UN

METROPOLITAN.ID | Caringin – Sebanyak 103 siswa SMK Bina Cipta Insani (BCI) siap mengikuti Ujian Nasional (UN). Saat ini para siswa sedang digojlok dalam aneka bimbingan belajar di samping jam-jam  pelajaran yang biasa diikuti di kelas.
Kepala  SMK BCI, Ismet mengatakan, penambahan jam belajar itu implementasi keseriusan sekolahnya dalam mendidik para siswa agar dapat menjawab soal ujian secara mandiri. ”Kami persiapkan segala sesuatunya agar siswa tidak kaget lagi dalam mengikuti Ujian Nasional,” katanya.
Selain itu, persiapan ujian praktik juga tak kalah penting. Karena menurut Ismet, nilai ujian praktik juga menentukan dalam hal kelulusan. ”SMK kan identik dengan keahlian, jadi ujian praktik untuk life skill juga sangat diperhatikan. Jangan sampai ketika lulus dari SMK siswa tidak memiliki keahlian,” paparnya kepada Metropolitan.
Dari keterangan yang disampaikan beberapa  alumni siswa SMK BCI, mereka tak kesulitan mencari pekerjaan. Karena selama tiga tahun mereka dipersiapkan untuk memasuki dunia industri, dari mulai belajar pembuatan boneka sampai belajar menjahit ala garmen. ”Alhamdulillah, ketika kami keluar sekolah, setidaknya sudah memiliki dasar kemampuan,” kata Risma.
Saat ini, menurut Guru Kesiswaan SMK BCI, Asep, lapangan pekerjaan bukan tidak tersedia, tapi dunia pekerjaan memang membutuhkan para pekerja yang sudah menguasai di bi­dangnya. Untuk itu, SMK BCI akan terus konsen terhadap pendidikan yang berbasis keahlian. Diharapkan  nantinya para siswa yang belajar di BCI memang yang dibutuhkan perusahaan. ”Itu sudah jadi tujuan kami sejak awal dan saat ini sudah banyak lulusan BCI yang diserap perusahaan-perusahaan,” pungkasnya. (ash/suf/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *