UT Beri Beasiswa 40 Siswa Berprestasi

by -17 views

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Ribuan siswa Kelas XII SMA dan SMK di Kota Bogor akan mengikuti Tryout di gedung Universitas Terbuka (UT), Jalan Soleh Iskandar, Kelurahan Kedungbadak, Kecamatan Tanahsareal, Sabtu dan Minggu ini. Tujuannya untuk mendapatkan 40 siswa berprestasi yang akan memperoleh beasiswa kuliah gratis di UT untuk semua jurusan, kecuali Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
Kepala Unit Pelayanan Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Bogor Budi Utoyo mengatakan, UT ingin berpartisipasi dalam meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Kota Bogor. Sebab, masih banyak pelajar lulusan SMA yang tidak bisa melanjutkan kuliah akibat terhambat biaya, sehingga UT membuat program beasiswa yang pertama ini demi meningkatkan pendidikan di Kota Bogor. ”Tryout yang diikuti 500 siswa SMA dan 500 siswa SMK ini, gratis. Sebab, sasarannya adalah masyarakat marjinal. Jadi, hal itu sudah saya sampaikan ke Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto pada saat audiensi, beberapa waktu lalu,” ujarnya, kemarin.
Katanya lagi, sebagai kampus negeri dengan standar Internasional, UT ingin menguliahkan masyarakat sebanyak-banyaknya, terutama bagi kalangan yang kurang mampu namun mempunyai prestasi. Dengan kuliah di UT juga mahasiswa akan memperoleh banyak kelebihan, di antaranya biaya lebih murah dan waktu fleksibel. Sebab, mahasiswa juga bisa sambil bekerja dan tidak ada sistem Drop Out (DO) bagi mahasiswa yang cuti. ”Kami inginnya mengundang walikota untuk penyerahan hadiah beasiswa tersebut,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Kota Bogor Jana Sugiana, menyambut baik maksud dan tujuan diadakannya tryout tersebut. ”Justru kami berterima kasih. Sebab selain untuk meningkatkan mutu dan kualitas siswa, UT juga telah berkeinginan memberikan beasiswa kepada para siswa Kota Bogor untuk kuliah di UT. Terutama, bagi siswa yang berprestasi tapi keadaan orang tua nya tidak mampu,” ujarnya. (tur/ar/ram/run)