News, Sport and Lifestyle

Warga Bunar Diceramahi Polisi

METROPOLITAN.ID | CIGUDEG -Seluruh elemen masyarakat mulai dari RT/RW dan tokoh masayarakat yang ada di Desa Bunar, Kecamatan Cigudeg, di berikan penyuluhan sadar hukum terpadu dan pembinaan desa, oleh Pengadilan Agama, Kantor Pertanahan, Kejaksaan , dan Polres Bogor, di aula kantor desa.
Kepala Desa Bunar Rudi Yusup mengatakan, dengan adanya kegiatan sadar hukum tentunya bisa meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, serta memberikan motifasi kepada masayrakat yang telah melaksanakan hak dan kewajibanya, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada.
“Tentunya kegiatan ini bisa menambah ilmu para aparatur desa dan masyarakat yang ada di wilayah Bunar tentag hukum, karena saat ini masyarakat masih minim pengetahuan akan hukum,” ujar Rudi kepada Metropolitan, kemarin
Ia menjelaskan, pemberian penyuluhan ini, terkait tentang permasalah KDRT, perkawinan, narkoba, dan tindak pidana ringan yang terjadi di masyarakat. “Semoga kegiatan sadar hukum yang diberikan kepada masyarakat, bisa mengurangi tindak kriminalitas dan meningkatkan lagi kesadaran hukum dimasayrakat,”paparnya
Sementara itu, anggota Porles Bogor Aiptu Dani Purwanto menuturkan, setiap desa harus sadar hukum. “Sadar hukum ini tentunya harus mampu menghormati nilai-nilai budaya lokal yang sejalan dengan hukum positif di negara,”kata dia.
Menurutnya, ada tradisi dan kearifan lokal yang justru memperkuat kesadaran hukum di masyarakat, hendaknya dapat terus dilestarikan. “Budaya musyawarah saya kira itu baik sekali. Sehingga tidak semua permasalahan hukum harus berujung di pengadilan,” jelasnya.(ads/b/yok)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *