Bentuk Karakter Hadapi Dunia Pekerjaan

by -

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Peningkatan jumlah penduduk Kota Bogor yang mencapai angka satu juta jiwa, membuat peningkatan yang signifikan pada lapangan pekerjaan. Terutama bagi calon pekerja berusia produktif. Dengan melihat fenomena dari peningkatan tersebut, menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yang harus diatasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor demi menanggulangi besarnya jumlah penduduk yang berkaitan dengan lapangan pekerjaan yang ada.
Walikota Bogor Bima Arya mengatakan, ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk menghadapi dunia kerja. Antara lain, pembentukan karakter dan kompetensi sebagai bekal dalam bersaing. Sebab, sebagai anak muda harus mampu mengembangkan satu kemampuan khusus dalam dirinya. Melihat persaingan yang sedang dihadapi saat ini pada perusahaan tertentu, keahlian spesialisasi sangat diperlukan dalam sebuah bidang pekerjaan. ”Keahlian di bidang industri kreatif bisa dijadikan alat dalam pengembangan potensi diri,” ujar Bima dalam acara Talas (Talkshow Asli Sunda) Sipatahunan TV, kemarin.
Bima menuturkan, pentingnya pembentukan karakter yang baik juga bisa memberikan kesiapan bagi anak muda setelah terjun di dunia kerja nanti. Pemkot Bogor tidak tinggal diam. Tidak lama lagi, Pemkot akan membuat sekolah yang dikhususkan untuk membentuk karakter. ”Harus berani jadi pemimpin, jangan hanya jadi pengikut,” ucap Bima.
Sebagai tahun dimulainya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Bima menegaskan bahwa kemampuan anak muda harus terus dikembangkan dengan cara berpikir luas untuk masa depan. Penggambaran masa depan akan membantu generasi muda mencari peluang pekerjaan serta mempersiapkan langkah-langkah dalam persaingan dunia usaha. ”Ayo bersaing dan jangan sampai tertinggal. Mampukan diri untuk melihat masa depan,” pungkas Bima. (mg1/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *