BPMPD Gembleng Aparatur Desa Urus Duit

by -1 views

CIBINONG – Pengelolaan keuangan desa terus jadi sorotan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Meski dana desa dari pemerintah pusat belum cair, Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor mulai menyosialisasikan tentang Tata Cara  Pelaksanaan Pem­bangunan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa serta Pengadaan Barang dan Jasa.

Kepala BPMPD Kabupaten Bogor Deni Ardiana mengatakan, sosialisasi ini penting sebagai bekal bagi aparatur desa dalam melaksanakan pengelolaan keuangan desa.

“Sekarang kami sedang buat perbupnya soal mekanisme  pelaksanaan pembangunan desa, pengelolaan keuangan desa serta bentuk pertanggungjawaban,” katanya.

Menurut dia, setiap  kepala desa akan diminta pertanggungjawaban atas dana yang diterima, baik dari pemerintah pusat maupun dana transfer APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Bogor.

“Kami sudah meminta inspektorat melakukan pembinaan kepada seluruh kepala desa dalam mengelola keuangan,” ujarnya.

Soal pencairan dana pemerintah pusat, Deni mengaku belum bisa memastikan.

“Kalau  dalam aturannya  harusnya dalam satu tahun tiga kali pencairan, pada April, Agustus dan Oktober. Namun kami belum dapat laporan tertulisnya dari pusat. Intinya kami sekarang fokus terhadap proses yang berkaitan dengan penertiban Perbup tentang Add atau bagi hasil pajak retribusi,” tandasnya. (rez/b/feb/py)