Disdik Sambut Jaksa Masuk Sekolah

by -

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Bogor akan mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Kota Bogor, khususnya ke SMA dan SMK. Tujuannya, untuk memberikan penyuluhan hukum dampak terhadap penyalahgunaan narkoba. Selain itu, melakukan pembinaan kepada sekolah terhadap penyimpangan perilaku (moral, red) yang dilakukan para siswa. ”Saya sangat mendukung program jaksa masuk sekolah itu. Sebab, nantinya akan bermanfaat terhadap siswa dan guru agar para siswa mengetahui dampak terhadap dirinya sebelum melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum,” ujar Kepala Dinas Pendidikan (Dsdik) Kota Bogor H Edgar Suratman pada acara Memorandum of Understanding (MoU) antara Kejari Kota Bogor dengan Disdik di Aula Pengacara Negara, Kejari Bogor, Jalan Ir H Juanda 6, Kecamatan Bogor Tengah, Rabu lalu.
Untuk itu, H Edgar mengimbau kepada para kepala sekolah (kepsek) yang ada di Kota Bogor ini, terutama SMA dan SMK agar memanfaatkan program kerja kejaksaan tersebut. Sebab, nantinya akan bermanfaat bagi peserta didik maupun para guru. ”Mari kita sambut program kejaksaan ini. Beri masukan, program apa yang bisa diserap peserta didik,” imbuh Edgar.
Pada kesempatan itu, Kepala Kejari Bogor Katarina Endang SH, mengajak para kepsek agar memanfaatkan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tersebut. ”Jadi, kami siap mendatangi sekolah jika pihak sekolah bersedia dan memberikan masukan kepada kami agar bisa dipahami para peserta didiknya. Sebab penyuluhan hukum maupun pembinaan terhadap generasi bangsa, merupakan tanggung jawab kami juga,” pungkasnya.
Ia juga mengakui, tingkat tawuran pelajar di Kota Bogor sudah sangat memprihatinkan. Bahkan, menelan korban jiwa. Selain itu, tingkat penyalahgunaan narkoba juga sangat tinggi di kalangan remaja. ”Sebenarnya, saya tidak tega dan merasa kasihan untuk memenjarakan siswa yang terlibat tawuran pelajar. Namun karena keluarga korban menuntut, ya mau tidak mau selaku jaksa penuntut umum membawa kasusnya ke pengadilan,” tandasnya. (do/tur/ar/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *