Keren! Pelajar Ciptakan Pengaman Motor dari Sidik Jari

by -

Sebanyak tujuh pelajar SMKN 8 Bandung yang tergabung dalam ekstrakurikuler Robotika menciptakan pengaman sepeda motor menggunakan sidik jari.
Mereka adalah Chandra Ramadhan (16), Asep Cahyana (16), Agung Prastyo (16), Saeful Hidayat (16), Wanda Utama (16), Dena Ramadan (16) dan Asep Rahmat Ramadan (16) yang merupakan siswa kelas X yang menjadi anggota angkatan pertama ekskul Robotika yang baru diaktifkan pada September 2015 dengan pembimbing Iwa Karniwa. ”Pengaman motor sidik jari ini adalah pengembangan dari temuan kita sebelumnya dalam sistem keamanan motor,” kata Chandra mewakili teman-temannya.
Sebelum membuat alat pengaman motor, mereka juga sudah membuat tiga alat pengaman berbasis android, password dan remote. Yang terakhir, pengaman melalui sidik jari melengkapi rangkaian pengaman kendaraan.
Perangkat pengaman sidik jari ini dipasang di motor dengan menyambungkan sejumlah komponen kelistrikan dengan daya dari aki motor. Alat tersebut sebelumnya diprogram untuk scan dan menyimpan sidik jari pemilik motor.
Pengaman sidik jari ini akan berfungsi saat motor dinyalakan. Setelah kunci masuk ke stop kontak, pemilik harus memasukkan sidik jari dengan cara menekan jari yang telah di-scan sebelumnya ke dalam alat. Jika tidak cocok, kata Chandra, motor tidak bisa menyala. “Atau bisa juga di-setting keluar bunyi alarm,” imbuhnya. Cangihnya alat ini bisa sampai seratus sidik jari. Misalnya saat di rumah, ada berapa orang sehingga bisa diatur untuk mereka yang biasa memakainya. (dtk/er/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *