Modal cuma Rp2 Juta, Garap Bareng Teman

by -

Jamur tiram bisa dibudidayakan siapa saja, di mana saja dan kapan saja. Kemasan berbentuk boks yang simpel dan menarik ini diberi nama Growbox. Kreativitas melahirkan produk ini sukses digarap Annisa Wibi bersama teman-temannya.
Kerja sama enam mahasiswa yakni Annisa Wibi, Arekha Bentangan, Derri Abrahan serta Adi Reza, Robbi Zidna dan Ronaldiaz menghasilkan Growbox yang kini dijadikan ladang berbisnis.
Berawal dari ide untuk menjadikan pertanian Indonesia lebih baik, sekelompok pemuda ini membuat Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan menjual jamur Growbox. Jamur-jamur lalu ini dikemas dalam boks kecil berukuran 20×20 cm.
Setelah tumbuh jamur-jamur ini bisa dikonsumsi dan dijadikan berbagai macam olahan makanan. ”Kita ingin bikin pertanian Indonesia jadi lebih keren lagi. Negara kita kan negara agrikultur, tapi banyak anak muda yang tak peduli sama pertanian,” kata Annisa Wibi yang menjadi Finance & Marketing Director Growbox.
Annisa menjelaskan, jamur yang dibudidaya ini adalah jenis jamur tiram, ada enam jenis berbeda warna. Jamur di dalam boks dan tumbuh selama empat bulan dengan masa panen 2-3 kali. Jamur kemudian dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp40.000-Rp75.000 per boks.
Annisa mengaku dirinya sudah menjalankan bisnis tersebut bersama ketiga temannya sejak tiga tahun lalu dengan modal Rp2 juta. (dtk/ind/er/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *