Napi Paledang Harus Jadi Anton Medan Kedua

by -4 views

BOGOR – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Paledang Bogor menggelar acara motivasi terhadap warga binaan, kemarin. Kegiatan itu diisi Anton Medan di Graha Sahardjo, Lapas Paledang. Acara itu diadakan untuk membakar semangat para warga binaan agar bisa menjadi Anton Medan kedua.

Menurut Anton, warga binaan merupakan calon generasi penerus bangsa. Sebab, mereka itu sebenarnya pintar tapi bernasib sial sehingga masuk penjara.

Mantan Narapidana (Napi) Lapas Paledang Anton Medan mengatakan, kondisi lapas pada saat ini tidak seperti dahulu, di mana keadaannya sudah mulai ada kemajuan. Pembinaan napi sudah mulai dilakukan seperti pembinaan pendidikan, kesehatan dan keterampilan.

Anton pun mengimbau agar latar belakang pendidikan petugas lapas jangan hanya sampai SMA saja. Sebab, mereka (petugas lapas, red) harus menghadapi orang-orang pintar yaitu napi yang terlibat persekongkolan kasus-kasus besar. Anton juga menyarankan agar penghapusan PP No 99/2012 tentang Pemberian Remisi.

Sebab, dengan dikeluarkannya kebijakan tersebut menjadikan lapas bukan sebagai tempat pembinaan. “Ketika saya menjadi napi dulu pasti akan melawan peraturan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Lapas Paledang Suharman menerangkan, ia sangat berterima kasih kepada Anton Medan karena telah memberi motivasi kepada warga binaan. Diharapkan warga binaan sekarang mempunyai semangat hidup lebih baik setelah diadakannya kegiatan ini. Ada tiga unsur keberhasilan dalam membentuk warga binaan, di antaranya petugas lapas, warga binaan dan masyarakat.

“Saya berharap ada masyarakat lain seperti Anton Medan yang mau ikut dalam membina warga binaan,” pungkasnya. (cr2/b/ram/run)