Pabrik Madu di Sindangbarang Buang Limbah Sembarangan?

by -1 views

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Salah satu perusahaan pengolahan madu di Kelurahan Sindangbarang, Kecamatan Bogor Barat diduga menimbulkan beberapa persoalan lingkungan. Diduga, limbah yang dihasilkan dari proses produksi dibuang hingga ke lahan milik warga tanpa sepengatahuan mereka. “Pembuangan limbahnya, sampai ke belakang pabrik yang lahannya milik warga. Itu juga tanpa sepengetahuan pemilik lahan,” kata sumber Metropolitan yang namanya enggan dikorankan, kemarin.
Tak hanya itu, ia juga menceritakan, limbah menimbulkan bau menyengat yang mengganggu warga sekitar. Warga tidak berani melaporkan hal itu lantaran salah-satu pimpinan perusahaan merupakan warga sekitar dan berkoloni dengan aparat kelurahan setempat. “Warga takut karena salah-satu pimpinannya dekat dengan orang kelurahan. Kemungkinan, ada permainan antara pemilik dan aparat kelurahan. Sebab, warga tidak pernah dilibatkan dalam perizinan,” terangnya.
Bahkan perusahaan yang memiliki sekitar 800 karyawan ini, diduga membayar upah karyawan di bawah standar. Padahal, perusahaan yang berawal dari industri rumahan tersebut sudah berbentuk PT.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi (Dalops) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bogor Agustiansyah mengatakan, untuk persoalan limbah, pihaknya segera berkoordinasi dengan Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bogor untuk memastikannya. Jika benar menyalahi aturan, pihaknya baru akan bertindak. “Setelah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, kami juga akan melakukan pengecekan langsung,” jelas Agus kepada Metropolitan, kemarin. Hingga berita ini diturunkan, belum ada pihak perusahaan yang bisa memberikan komentar atas tudingan tersebut. (fin/b/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *