Program Tangerang Berkebun Untungkan Petani

by -2 views

METROPOLITAN.ID – Program Tangerang Berkebun yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang didukung warga. Salah satunya Ketua RT 06, Komplek Polri, Kelurahan Batuceper, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang, Endah Suratno. Menurut dia, banyak manfaat dari program yang dicanangkan di bawah kepemimpinan Walikota Tangerang Arief R Wismansyah ini. “Saya sangat berterima kasih dengan adanya program ini. Selain membuat lahan kegiatan dan pekerjaan baru, juga menjadikan kawasan lebih asri,” kata Endah.
Endah menjelaskan, wilayahnya menjadi salah satu lokasi program Tangerang Berkebun yang dicanangkan Pemkot Tangerang pada Maret 2014. Program ini melibatkan masyarakat dalam mengelola berbagai macam tanaman yang dikelola bersama antara masyarakat dengan kelompok wanita tani dan petani setempat. ”Kami menanam berbagai sayuran seperti cabai, tomat, cesin, pak coy, kangkung, bayam bahkan padi dan masih banyak jenis lainnya yang kesemuanya organik. Dalam realisasi di lapangan kami dibina Dinas Pertanian,” tuturnya.
Hal senada dirasakan salah satu petani, Sarna. Wanita yang menggarap kebun di kawasan Program Tangerang Berkebun Kompleks Polri mengaku senang lantaran kegiatannya dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk keluarganya. “Kami jadi ada pekerjaan menggarap sawah, mengurus kebun. Manfaatnya banyak sekali. Tidak hanya mengalirkan rezeki kepada kami, tapi juga makin menghijaukan kota ini. Kami sangat mendukung program ini tertular di wilayah lain,” tuturnya. (*/els/wan)