Rute Trayek 08, 09 dan 10 juga Berubah

by -

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Sama seperti trayek sejumlah angkutan kota (angkot) lainnya, pemberlakuan Sistem Satu Arah (SSA) membuat rute trayek angkot 08 mengalami perubahan. Jika sebelumnya angkot 08 mengitari Kebun Raya Bogor (KRB) secara berlawanan arah, kini tidak lagi. Angkot ini harus mengikuti rute trayek yang baru. Mulai dari Balaikota Bogor, maka angkot 08 akan turun ke arah Sempur menuju Jalan Jalak Harupat. Dari Jalan Jalak Harupat (depan Rumah Dinas Walikota Bogor), angkot akan belok kiri memasuki Jalan Pajajaran Bogor sampai tiba di Simpang Bantarjati. Dari poin ini, angkot 08 akan mengikuti rute sebelumnya mengelilingi areal Bantarjati dan keluar menuju Warungjambu.
Keluar dari areal Indraprasta, angkot 08 akan belok kiri dan masuk kembali ke Jalan Pajajaran. Angkot akan terus menelusuri Jalan Pajajaran hingga turun ke kanan menuju Tugu Kujang. Angkot akan turun dari Tugu Kujang memasuki kawasan Pasar Bogor dan sepanjang Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista). Dari Pasar Bogor, angkot 08 akan menuju Bogor Trade Mall (BTM). Depan BTM, angkot akan memutar ke kanan memasuki Jalan Juanda dan kembali di Balaikota Bogor.
Berbeda dengan nasib sejumlah trayek angkot pasca diberlakukan SSA yang mengalami perubahan rute, trayek angkot 09 tidak mengalami perubahan rute yang berarti. Angkot hanya mengalami modifikasi rute di sekitar Tugu Kujang Bogor. Perubahan rute angkot yang terbaru, yakni Angkot 09 yang mengangkut penumpang dari Sukasari hingga Warungjambu ini tidak lagi harus belok kiri ke belakang Terminal Baranangsiang. Bagi masyarakat yang berangkat dari Sukasari, angkot tidak lagi belok kiri ke Jalan Sambu. Tetapi, angkot akan lurus melintasi Jalan Pajajaran menuju Tugu Kujang dan terus lurus hingga Warungjambu.
Begitu pun sebaliknya, angkot 09 akan terus melintasi Jalan Pajajaran hingga Terminal Baranangsiang. Kemudian, ke arah pintu masuk jalan tol dan putar balik kembali ke Jalan Pajajaran dan terus hingga ke Sukasari.
Sementara untuk perubahan rute angkot 10, dimulai setelah angkot melewati Jalan Kapten Muslihat. Jika sebelumnya angkot berbelok kanan ke arah BTM, kini tidak lagi. Angkot akan langsung belok kiri menuju Balaikota Bogor. Setelah melewati Balaikota Bogor, Jalan Juanda, angkot akan menuju Simpang Denpom dan turun ke kawasan Sempur. Dari Sempur, angkot akan naik ke Jalan Jalak Harupat sampai di Rumah Dinas Walikota Bogor. Dari situ, angkot akan belok kanan memasuki Jalan Pajajaran Bogor.
Setelah masuk Jalan Pajajaran, angkot akan belok kanan melewati Tugu Kujang dan turun ke Jalan Otista. Dari Otista, angkot akan naik terus ke Pasar Bogor kemudian belok kiri masuk ke Jalan Suryakencana. Sampai Suryakencana, angkot akan mengikuti rute sebelumnya hingga ke Bantarkemang. Selanjutnya, hingga Merdeka rute angkot tidak mengalami perubahan, sama seperti rute sebelumnya. (fad/b/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *