Sajikan Menu Ikan, Hasilnya untuk Hidupi Anak Yatim

by -4 views

Makanan khas Padang rendang biasanya terbuat dari daging sapi. Namun di Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, rendang ini terbuat dari irisan daging ikan.

Ya, rendang ikan ini dibuat sekelompok usaha yang tergabung dalam Warung Ikan Sehat Jreng Al-Hijaz. Selain rendang tuna, olahan ikan tersaji dalam bentuk sate tuna bakar dan gulai ikan kalio.

PENANGGUNG Jawab Warung Ikan Sehat Jreng Al-Hijaz Suhartoyo mengatakan, usaha itu dibuka sejak 30 Desember 2009. Warung yang berlokasi di RT 02/02, Kelurahan Pabuaran tersebut bermula dari pengembangan Yayasan Pengembangan Umat Al-Hijaz, sebuah yayasan yang bergerak di bidang pembiayaan anak yatim dan duafa.

“Akhirnya kami memiliki ide membuka usaha untuk membiayai yatim dan duafa,” katanya kepada Metropolitan, kemarin.

Harga makanan yang ditawarkan murah meriah. Cukup membayar Rp1.000, pengunjung bisa menikmati sate bakso tuna bakar. Sementara harga yang mencapai ratusan ribu itu untuk menu jenis rendang. “Soal harga kami menyesuaikan jenis makanan. Mulai dari Rp1.000 hingga Rp300.000,” terangnya.

Selain dijual di warungnya, ia juga menerima pesanan untuk acara pesta atau hajatan pernikahan maupun khitanan. Bahkan, ia juga mengajak warga yang berminat bermitra mengembangkan bisnis kuliner tersebut. “Jika ada warga yang berminat bermitra dengan kami, kami sudah menyediakan semua perlengkapan jualan,” katanya.

Dia berharap usaha yang mengambil jalur syariah itu dapat berkembang dan bisa mencukupi kebutuhan anak yatim dan duafa yang ada di bawah binaannya. “Usaha ini juga semata-mata untuk meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada,” pungkasnya. (ano/b/els/py)