Tabung Maut Rumah Sakit Mintoharjo Dihentikan

by -1 views

METROPOLITAN.ID – Ruang terapi oksigen hiperbarik di Rumah Sakit TNI AL Mintohardjo, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, dihentikan sementara. Sebab, tim investigasi masih menyelidiki insiden kebakaran yang menewaskan empat orang.
”Untuk hiperbarik penggunaan chamber sementara di­hentikan sampai hasil investigasi ada,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal), Laksamana Pertama M Zainudin.
Zainudin mengatakan, saat peristiwa terjadi dokter dan operator hanya bisa melihat keadaan di dalam ruangan itu dari kaca luar ruangan tanpa bisa mengevakuasi keempat korban.
Dokter dan operator dapat melihat api berkobar sangat besar di dalam ruangan yang pada saat itu ditempati mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol (Purn) Abubakar Nataprawira dan Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo, Edi Suwandi dan seorang dokter bernama Dimas. ”Di lubang chamber sebenarnya ada kaca dan kelihatan aktivitas di dalamnya. Tapi tekanan oksigen murni membuat api cepat menyebar,” jelasnya.
Menurut Zainudin, saat kebakaran, semua peralatan di ruangan chamber Pulau Miangas dipastikan dalam kondisi baik dan selama ini diketahui selalu mendapat perawatan rutin.
Zainudin menjelaskan, ruangan chamber yang digunakan para korban adalah ruangan lama yang hanya mampu me­nampung empat orang. Ruangan itu pun buatan Prancis.
Sedangkan di RS TNI AL Mintahardjo ada satu tabung ruang chamber lainnya yang berukuran cukup besar dengan daya tampung mencapai 18 sampai 22 orang. Ruangan itu buatan Spanyol.
Kapolda Metro Irjen Tito Karnavian mengatakan, empat korban yang meninggal berada di dalam ruangan bertekanan tinggi dan tidak bisa keluar karena tabung ruangan sangat berbahaya jika dibuka saat kebakaran.
Saat ini, kata Tito, tim laboratorium forensik sedang bekerja guna mengetahui penyebab kebakaran. ”Korban terjebak, labfor sedang periksa, apakah ada faktor dari korsleting listrik atau faktor ada barang yang dibawa yang berpotensi membuat ledakan tinggi,” imbuhnya.
Sebelumnya, ledakan terdengar di salah satu sudut Rumah Sakit (RS) TNI AL Mintohardjo. Suara ledakan yang bersumber di tabung chamber menewaskan empat orang. Korbannya seorang dokter pedamping dan tiga pasien yang tengah menjalani terapi oksigen hiperbarik. Korban pun tewas mengenaskan.(viv/er/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *