Warga Gantian Jaga di 15 Pos Ronda

by -0 views

METROPOLITAN.ID | BOGOR – Wilayah Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor terbagi menjadi area perumahan dan pemukiman padat penduduk. Meski demikian, program Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) tetap berjalan setiap malam. Tercatat ada 15 pos yang masih aktif menjaga tradisi meronda, ada petugas khusus ronda maupun piket giliran oleh warga.
Kepala Seksi Trantib Kelurahan Kedunghalang Nurdin mengatakan, siskamling aktif sebagai wujud untuk meningkatkan keamanan lingkungan. Meski tingkat kejahatan yang terjadi cukup rendah, namun kewaspadaan terhadap hal tersebut harus terus ditingkatkan. “Paling sedikit ada enam orang yang ronda setiap malam, kalau di perumahan kami koordinasi dengan para satpam,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.
Jika memiliki waktu luang, Nurdin tak sungkan untuk datang langsung ke lokasi pos ronda. Selain untuk menjalin tali silaturahmi, kedatangannya juga untuk memantau langsung aktivitas jaga malam. “Ronda memang benar berjalan, karena kadang kami langsung datang ke lokasi,”  ujarnya.
Ia berharap, ronda tidak hanya menjadi ajang kumpul-kumpul di pos setiap malam, namun juga memantau lingkungan dengan berkeliling kampung. Dengan aktifnya para petugas ronda, akan memberi rasa aman terhadap warga yang memiliki barang berharga. “Warga jadi merasa tenang, karena setiap malam selalu ada yang keliling memantau kondisi keamanan,” tukasnya. (ano/b/els)