16 Warga Sukatani Was-was Kena Longsor

by -3 views

METROPOLITAN.ID – Sejumlah pemilik rumah di Kecamatan Parakansalak was-was rumahnya ambruk. Kekhawatiran warga ini cukup beralasan lantaran pada Minggu (3/4) lalu, tebing setinggi 10 meter dan lebar 20 meter di Kampung Cikadu, RT 02/05, Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi mengalami longsor. Namun, hingga kini belum ada perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi.

Dari data yang dihimpun, keempat rumah warga yang terancam longsor tersebut di antaranya milik Idih, Upay S, Harun dan Diah. Sedangkan jumlah jiwa yang menghuni sekitar 16 jiwa.

Sekretaris Desa Sukatani Yudi menjelaskan, tebing longsor tersebut diakibatkan tingginya curah hujan pada Sabtu sore. ”Selain itu, penyebab tebing longsor juga diduga adanya pembuangan limbah air dari warga,” ungkapnya.

Yudi mengimbau warga yang rumahnya terancam longsor selalu waspada apalagi saat hujan. ”Apabila hujan turun, semuanya harus waspada terhadap perkembangan situasi dan kondisi di sekelilingnya. Bila perlu pindah sementara,” imbaunya.

Menurutnya, pihak Pemerintah Desa Sukatani sudah berkoordinasi dengan pihak terkait terutama dari Kecamatan Parakansalak agar diadakan penanggulangan lebih dini. ”Di Desa Sukatani ini tanahnya labil dan letaknya berbukit-bukit, sehingga sangat rentan terjadi longsor,” imbuhnya.

Terpisah, Sekretaris Camat Parakansalak Iman Sugiman mengaku telah mengajukan bantuan kepada pihak terkait. ”Sementara ini kami hanya membantu pengajuan bantuan beronjong kepada dinas terkait sekaligus melaporkan kejadian tersebut. Upaya penanggulangan awal baru sebatas imbauan agar warga selalu waspada dan antisipasi,” pungkasnya. (sox/hep/els/run)

Loading...