Ciptakan Boneka Hewan hingga Pasangan Pengantin

by -

METROPOLITAN.IDTak sedikit kalangan masyarakat yang menggeluti seni melipat kertas. Salah satu yang kini banyak diminati yakni seni lipat menggunakan kertas kokoru. Para pecinta seni ini menggunakan kertas kokoru untuk membuat boneka atau tempat pensil. Seperti yang dilakukan Danti Basmala Wati (29) warga Kampung Kebonkelapa, RT 07/04, Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Ia menggeluti seni melipat kertas kokoru sejak dua tahun silam.

Ibu satu anak ini mengaku, pihaknya sering mendapat pesanan untuk membuat boneka, baik bentuk binatang maupun pasangan pengantin. Biasanya, pesanan datang untuk kado pernikahan maupun ulang tahun. “Ada saja yang pesan, biasanya buat kado-kado gitu,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Soal harga, rata-rata boneka buatannya dibanderol Rp50 ribu, namun untuk boneka yang berpasangan Rp75 ribu. Ia mengaku, seni yang digeluti hanya sebatas mengisi waktu luang, tidak untuk produksi massal. “Kami tidak fokus memproduksi, tapi kalau ada pesanan ya kami layani,” katanya.

Ia mengungkapkan, seni kertas kokoru merupakan kreasi asli Indonesia. Meski begitu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kertas berbentuk gelombang itu. Hal itu terjadi lantaran masih sulit menemukan toko yang menjual kertas kokoru. “Produksi kami terbatas karena masih kesulitan di bahan baku, tapi sekarang ini sudah mulai mudah mencarinya,” ungkapnya.

Ia berharap, kertas kokoru semakin mudah ditemukan di toko-toko kertas. Sehingga, para pecinta seni lipat kertas kokoru lebih mudah mencarinya.

“Kalau bahan baku banyak, pastinya karya kami juga semakin banyak dan produksi pun bisa lebih banyak,” tukasnya. (ano/b/els/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *