METROPOLITAN.IDJika umumnya wanita memilih pekerjaan santai, berbeda dengan Chika Nabila Putri Santoso (19). Gadis yang saat ini tergabung dalam Satuan Shabara Polres Bogor itu memilih menjadi polisi wanita (polwan), walaupun sebenarnya cita-citanya menjadi pelatih beladiri kempo.

PANAS terik matahari selalu menemani Chika saat bekerja, melakukan penjagaan di lokasi yang dianggap tidak aman serta menghadapi masyarakat yang kurang respons jika berhadapan dengan polisi sering dirasakan Chika. Namun, wanita yang merupakan salah satu atlet kempo yang telah mengoleksi berbagai penghargaan ini tetap menjalankan tugas untuk mengayomi masyarakat.

“Sejak jadi polwan banyak pengalaman baik dan manisnya, mulai dari digoda dan dicaci, hingga banyak mendapatkan pengetahuan baru,” ujarnya saat dihubungi Metropolitan.

Chika yang merupakan lulusan SPN Polda Jawa Barat angkatan 43 ini awalnya tidak berminat menjadi polwan. Tetapi karena disarankan sanak-saudaranya, alumni SMAN 3 Cibinong ini mencoba keberuntungannya mendaftarkan diri menjadi polwan.

Ketika ia mendaftarkan diri jadi polwan, Chika harus rela meninggalkan aktivitasnya sebagai seorang atlet kempo di Kabupaten Bogor. “Saat daftar ya harus rela meninggalkan olahraga, seperti saat persiapan porda saya tidak bisa ikut karena ada tugas,” terangnya.

Wanita yang mengidolakan aktor Jackie Chan ini sangat menikmati pekerjaannya sebagai polwan. Satuan Shabara pun menjadi tugas kedua Chika selama menjadi polwan, karena sebelumnya ia pernah bertugas di Polsek Cisarua di bagian Intel. “Tidak ada perbedaan kalau menjalankan tugas, karena sebagai polwan harus tetap mengayomi masyarakat dan melayaninya, jadi setiap ditugaskan semuanya sama,” paparnya.

Chika juga mengaku mengagumi Kasat Narkoba Polres Bogor AKP Yuni Purwanti Kusuma Dewi. Sebab, kasat narkoba merupakan sosok yang menginspirasi. Meskipun seorang wanita, tidak menghalangi tugasnya untuk mengungkap peredaran narkoba di Kabupaten Bogor. “Walau wanita, ia mampu memberantas peredaran narkoba di Kabupaten Bogor dan sangat menginspirasi,” jelasnya.(mam/c/er/py)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here