DPPKP Targetkan 10.000 Unggas Divaksin

by -3 views

METROPOLITAN.ID – Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Kota Sukabumi menggencarkan upaya vaksinasi unggas. Seperti yang dilakukan pada ribuan unggas yang ada di Kelurahan Cibeureumhilir, Kecamatan Cibeureum. “Meski belum ada laporan flu burung namun kita harus waspada melakukan pencegahan,” ujar Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DPPKP Kota Sukabumi Riki Barata, kemarin.

Menurut dia, kasus flu burung pada unggas di Kota Sukabumi pernah terjadi pada 2013 lalu di Kelurahan Situmekar, Kecamatan Lembursitu. Saat itu ada sekitar seratus ekor itik mati mendadak disebabkan flu burung. Serangan flu burung pada waktu itu bisa dikendalikan sehingga tak menyebar ke yang lain. Ratusan itik tersebut berasal dari Cikondag, Kabupaten Cianjur. Namun, ketika dibawa ke Sukabumi akhirnya mati mendadak.

Lebih lanjut Riki menerangkan, saat ini populasi unggas baik ayam, itik dan lainnya mencapai sekitar 12.000 ekor. ‘’Targetnya sebanyak 10.000 ekor bisa divaksin,’’ kata dia.

Pemberian vaksin ini, ungkap Riki, merupakan hal rutin dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit pada unggas. Biasanya dalam setahun dilakukan dua kali vaksin unggas. Selain vaksinasi unggas, petugas meminta peternak agar melaporkan secara cepat ketika ada unggas yang mati mendadak. “Nanti ada petugas DPPKP menindaklanjuti laporan tersebut ke lapangan,” pungkasnya. (rol/els/run)