METROPOLITAN.ID – Tanaman cabai, tomat dan beberapa jenis sayuran lain terlihat di depan salah satu rumah warga RW 09, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Cucum Sumiati. Kebun sayuran yang ditanam berkat inisiatif untuk mempercantik pekarangan rumah. Bermodalkan polybag dan bibit sayuran, kini di sekitar rumah Cucum Sumiati menjadi lebih hijau.

Anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) Flamboyan itu mengaku sengaja menata lingkungan rumahnya agar dapat dicontoh warga lain. Selain itu, hasil dari tanaman tersebut dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan dapur. “Alhamdulillah, warga banyak yang meniru karena memang tujuan saya mengajak warga menata lingkungan, tapi saya contohkan dulu dari lingkungan pribadi saya,” ujarnya kepada Metropolitan, kemarin.

Ia mengaku, tujuan utama menanami pekarangan rumah dengan sayuran bukan semata untuk mencari keuntungan. Namun, hal itu dilakukan untuk menjaga lingkungan dan memanfaatkan lahan semaksimal mungkin. “Kami kan menanam menggunakan polybag, sehingga kami bisa menanam di tempat kritis,” ungkapnya.

Dia berharap, seluruh warga bisa mencotoh hal yang telah dilakukan itu. Sebab, menurut dia, pekarangan rumah akan terlihat indah jika ada tanamannya, baik itu bunga maupun sayuran. “Ini mendukung juga untuk program “Bogor Hejo” dan yang penting rumah jadi lebih terlihat bagus kalau ada tanamannya,” pungkasnya. (ano/b/els/wan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here