Polwan nggak Cuma Tegas tapi Humanis

by -6 views

METROPOLITAN.IDDi saat kebanyakan gadis memilih pekerjaan kantoran, Siti Rimawati (22) atau akrab disapa Rima justru memilih menjadi polisi wanita (polwan). Perempuan berpangkat Bripda itu mengaku bangga menjadi pengayom masyarakat. Sebab, baginya seorang polwan mengemban tugas mulia di balik sosoknya yang dikenal tegas.

Bripda Rima awalnya tidak terpikir menjadi polwan. Ia pun sempat menempuh pendidikan di Telkom University Bandung. Namun, begitu ada pembukaan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), perempuan yang hobi basket ini kepincut mengikuti rangkaian seleksinya.

Tahapan demi tahapan ia lalui, Bripda Rima pun teringat sosok polwan yang ia kagumi saat duduk di bangku SMP. Putri kedua dari tiga bersaudara ini menceritakan awal mulanya tertarik menjadi pengayom masyarakat kepada Harian Metropolitan.

“Jadi, waktu SMP saya kagum kalau melihat polwan yang sedang mengatur lalu lintas dan menyeberangkan anak-anak SMP. Sampai sekarang pun saya masih ingat nama polwannya, Ibu Betty dan beliau selalu menyeberangkan saya. Alhamdulillah saya dapat kesempatan ikut seleksi Polri,” ungkap lulusan SPN Polda Jabar Polwan angkatan 43 itu.

Beruntung, perempuan yang mengagumi sosok Cut Nyak Dien ini berhasil melalui seluruh seleksi penerimaan anggota Polri. Kini ia ditugaskan menjadi staf humas di Polres Bogor. Baginya, seorang polwan itu tidak hanya tegas tapi harus humanis. “Ini adalah penempatan pertama saya di bagian operasi Subbag Humas Polres Bogor. Polwan itu nggak cuma tegas tapi juga humanis,” sebutnya.

Ia mengaku banyak pengalaman yang dapat dipetik selama menjalankan tugasnya. Salah satu pengalaman yang membuatnya berkesan yakni saat aksi penertiban gurandil. Perempuan asal Sukabumi ini harus menginap tujuh hari selama penertiban berlangsung.

“Basic saya sebenarnya bukan di fotografi, Namun seiring perjalanan selama dinas, saya bisa mengoperasikannya. Saya sering berbagi ilmu dengan wartawan atau ahli fotografi,” terangnya.

Tak hanya meliput kegiatan kepolisian, Bripda Rima juga aktif melayani masyarakat melalui sosial media Polres Bogor. Mulai dari email, instagram, twitter, website hingga facebook.

“Setiap ada laporan, kritik, saran atau pendapat dari masyarakat, kami tampung lalu disampaikan ke pimpinan agar mendapat solusi permasalahannya,” tandas alumni SMA Negeri 3 Sukabumi itu. (mam/b/feb/run)