Satpol PP Takut Segel Galian Ilegal

by -0 views

METROPOLITAN.ID | SUKAMAKMUR – Satpol PP Kecamatan Sukamakmur nampak kikuk kala dihadapkan dengan penambang batu ilegal di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, kemarin. Petugas penegak peraturan daerah (perda) itu terkesan tak punya nyali menyegel penambangan batu ilegal yang sudah beroperasi sejak lima bulan terakhir tersebut.

Informasi yang dihimpun Metropolitan, tambang batu milik warga Cileungsi itu hanya mentok di surat peringatan. Padahal, ancaman longsor siap datang setiap saat. “Belum disegel. Tapi, tadi saya sudah ke lokasi dan memberi surat pernyataan agar menghentikan penambangan,” terang Kanit Pol PP Kecamatan Sukamakmur Okim, kemarin.

Namun saat ditanya penyegelan, pria itu nampak kebingungan dan mengalihkan pembicaraan. “Kalau masih beroperasi, saya koordinasikan dulu dengan kapolsek,” katanya.

Sementara itu, seorang pekerja tambang yang enggan namanya dikorankan mengaku sudah didatangi Satpol PP dan polisi saat longsor terjadi yang menutup jalan penghubung Puncak II. “Iya tadi ada. Cuma nggak disegel, hanya dingatkan untuk tidak menambang dulu,” ujarnya.

Terpisah, warga setempat Ridwan (25) mengaku waswas akan longsor tersebut. Pemerintah kecamatan harus menghentikan penambangan batu ini, jangan sampai menunggu korban. “Kalau ada korban ya kecamatan harus tanggung jawab. Sudah tahu tidak ada izin, kok masih dibiarkan,” tegasnya. (aji/b/feb/py)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *