Tak Sanggup, Ahmad Dhani Akhirnya Mundur Jadi Cagub DKI

by -2 views

METROPOLITAN.ID – Musisi Ahmad Dhani akhirnya mundur dari bursa bakal calon gubernur (cagub) DKI Jakarta untuk Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017. Dhani mengklaim harus butuh modal banyak sehingga ia memilih menjadi cawagub.

”Ternyata untuk menjadi calon gubernur ’isi tasnya’ harus banyak,” kata Dhani. Meski popularitas Dhani menempel Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, bagi Dhani bukanlah tolok ukur yang menjanjikan.

Menurut suami Mulan Jameela itu, lagi-lagi moda­lah yang menjadi penentu. ”Variabel untuk jadi calon gubernur itu tak hanya popularitas dan elektabilitas saja, ternyata ada yang belum saya punya selain elektabilitas dan popularitas itu. Ya itu tuh, ’isi tas’,” jelasnya.

Dhani pun sudah tak punya daya lagi untuk berta­rung memperebutkan ja­batan gubernur. Ia memilih mengalihkan fokusnya pa­da posisi calon wakil gubernur DKI Jakarta. ”Kalau wakil masih yakinlah. Kalau gubernur kayaknya sudah dikasih sinyal bahwa ’isi tas’ saya kurang,” akunya.

Dhani pun sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil gubernur ke PKB. Dia siap digaet calon gubernur yang ada nantinya. ”Saya sudah daftar ke PKB,” kata Dhani.

Bapak empat anak itu me­ngaku telah mengambil for­mulir pendaftaran dari PKB dan segera melengka­pi formulir itu dan mengum­pulkannya ke PKB la­gi. Kenapa Dhani tak men­daftar menjadi bakal calon gubernur sekalian? Dhani menyatakan alasan realistisnya, yakni kursi PKB di DPRD DKI tak cukup mengusung cagub sendiri tanpa koalisi.

Sebab, butuh minimal 22 kursi di DPRD DKI sekarang ini untuk mengajukan cagub sendiri tanpa koalisi. (kps/dtk/er/wan)