Tiga Hewan Ternak Jabar Cocok di Kabupaten Bogor

by -

METROPOLITAN.ID | CIBINONG – Dua dari tiga hewan ternak andalan Jawa Barat (Jabar) yaitu sapi Pasundan, ayam Sentul dan itik rambon, potensial diternakkan di Kabupaten Bogor.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor Siti Farikah. Dia mengatakan, untuk itik rambon tidak potensial di Bumi Tegar Beriman. ”Memang untuk pasar atau konsumen kita ada, namun untuk ladang penggembalaan dan ketersediaan pakan ternak, kita kurang. Sehingga, kurang potensial untuk beternak itik rambon,” ujar Siti Farikah, kemarin.

Lain halnya dengan ayam Sentul dan sapi Pasundan. Menurut dia, kedua hewan ternak ini terbilang potensial. ”Ayam Sentul yang merupakan hasil Balai Penelitian Ternak (Balitnak) di Ciawi merupakan ayam kampung unggulan asli Bogor, Ciamis atau wilayah Jawa Barat lainnya dan cocok dikembangbiakkan di Bogor. Sebab, pakannya banyak dan bisa dipelihara secara bersama di setiap rumah serta konsumennya juga ada,” sambungnya.

Siti Farikah menambahkan, ayam Sentul bukan hasil pencampuran ras. Ayam ini memiliki ciri fisik seperti tinggi yang jangkung, leher lebih panjang dan sayap lebih lebar. ”Dari segi harga, ayam Sentul ini dua kali lebih mahal dibanding ayam negeri. Selain itu, kalau dimasak juga lebih enak dari ayam campuran ras atau lainnya,” tambahnya.

Untuk sapi Pasundan, tahun ini Kabupaten Bogor baru akan menggalakkan peternakannya kepada para peternak.

Saat ini baru Kecamatan Rumpin yang menernakannya. ”Di Rumpin baru ada sembilan ekor anakan sapi Pasundan sebagai percontohan. Sapi Pasundan ini bentuknya lebih kecil dibanding sapi limousin. Namun, kami akan berikan perlakuan khusus agar pertumbuhannya sama dengan sapi limousin,” terang Kabid Peternakan Ramilah Nasution. (ik/sal/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *