DKI Jakarta Deflasi 0,27 Persen Dampak Harga BBM Turun

by -2 views

METROPOLITAN.ID | JAKARTA – Indeks Harga Konsumen (IHK) di DKI Jakarta pada April 2016 mengalami deflasi 0,27 persen setelah pada bulan sebelumnya terjadi inflasi sebesar 0,15 persen. IHK DKI Jakarta selama tahun 2016 mencapai 0,05 persen, sementara laju inflasi tahun ke tahun (yoy) sebesar 3,06 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta menyatakan deflasi yang terjadi pada bulan April 2016 disebabkan oleh turunnya harga-harga pada kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan. Dari empat sub kelompok yang termasuk pada kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan hanya transpor yang mengalami deflasi hingga 2,45 persen, sedangkan sub kelompok lainnya tercatat stabil.

“Transportasi memang cukup berpengaruh terhadap deflasi yang dialami Jakarta. Ini dikarenakan harga BBM yang pada awal bulan April efektif diberlakukan sehingga berimbas juga pada turunnya harga angkutan umum,” ujar Kepala BPS DKI, Syech Suhaimi di Salemba, Jakarta Pusat, Senin (2/5) seperti yang dilansir koran-jakarta.com.

Selain kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan yang mengalami deflasi sebesar 1,44 persen, Syech mengatakan dua kelompok lainnya juga mengalami hal yang sama. Seperti kelompok bahan makanan turun 0,21 persen dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,11 persen.

(diposkan.com)