Kemenhub Buka Mudik Gratis Lebaran 2016 di Tangerang

by -

METROPOLITAN.ID | TANGERANG – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang menggelar mudik gratis angkutan Lebaran 2016 untuk pengguna sepeda motor.

Kasie Angkutan Perhubungan Dishub Kota Tangerang Raymond Alfons mengatakan, pendaftaran mudik gratis angkutan Lebaran ini bisa dilakukan secara online melalui website Kemenhub pada 13 Mei-12 Juni 2016. Sedangkan pendaftaran offline dibuka pada 16 Mei-12 Juni 2016.

“Kita dapat tugas untuk menerima pendaftaran offline dan verifikasi pendaftaran online para pemudik. Kami membuka loket di Terminal Poris Plawad, Cipondoh,” kata Raymond Alfons, Jumat (20/5/2016)

Menurut Raymond, Dishub telah menyiapkan petugas di sana untuk melayani pendaftaran offline sejak Senin, 16 Mei 2016 lalu. Raymond menuturkan, kuota yang disediakan Kemenhub untuk pendaftar angkutan Lebaran 2016, sebanyak 12.000 sepeda motor dan 24.000 penumpang.

“Kuota tersebut dibagi untuk arus mudik sebanyak 8.400 sepeda motor dengan 16.800 penumpang. Sedangkan untuk arus balik sebanyak 3.600 sepeda motor dengan 7.200 penumpang,” katanya.

Raymond melanjutkan, tiap daerah yang menerima pendaftaran tidak dibatasi kuota. Jadi, selama kuotanya masih ada, masyarakat bisa bebas mendaftar. “Nanti para pemudik ini naik bus, lalu sepeda motornya dikirim ke sejumlah titik kota tujuan,” jelasnya.

Adapun kota tujuan untuk arus mudik dalam program ini ada sembilan yaitu Tegal, Kebumen, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, Wonosobo, Magelang, dan Semarang. Sedangkan untuk arus baliknya, terdapat tiga kota asal yaitu Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

(sindonews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *