Orang Jakarta Itu Banyak Akalnya Sukseskah Mobil Bergarasi di DKI?

by -

METROPOLITAN.ID | JAKARTA – semakin macet, berbagai kiat ditempuh untuk mengatasi, tapi belum efektif. Ketua DPRD DKI Prasetyo Marsudi mengusulkan, agar Gubernur Ahok keluarkan Perda yang mewajibkan setiap mobil di Jakarta punya garasi. Bila aturan itu sudah diperdakan, sukseskah mengurangi kemacetan di Ibukota? Tahu sendiri kan, orang Jakarta itu banyak akalnya. Bisa saja pemilik pat-gulipat dengan show room, atau bahkan bisnis sewa garasi bakal merebak.

Pertumbuhan kendaraan di DKI Jakarta makin menggila. Data Polda Metro Jaya awal tahun 2015 menyebutkan, jumlah kendaraan ada 17.523.967 unit. Didominasi kendaraan roda dua 13.084.372 unit, mobil pribadi sebanyak 3.226.009 unit, mobil barang 673.661 unit, bus 362.066 unit, dan kendaraan khusus 137.859 unit.

Padahal pertumbuhan jalan di DKI setahunnya hanya mencapai 0,01 persen. Dipadati pertambahan mobil sehari 1.600 unit dan sepeda motor 4.500 unit; tak ayal lagi Jakarta semakin tak bergerak. Maka warga Jakarta pun bisanya memaki-maki Gubernur, sedangkan Gubernur tak bisa gantian memaki-maki polisi yang mengatur lalulintas di Ibukota.

Alkisah Ketua DPRD DKI P Presetyo Marsudi habis jalan-jalan ke Negeri Sakura. Dari hasil studi banding itu dia ingin Pemprov DKI meniru Jepang, mewajibkan warga kota memiliki garasi sebelum beli mobil. Rakyat Jepang yang terkenal tinggi disiplin nasionalnya, bisa menekan laju pertumbuhan mobil di kotanya. DPRD berharap Gubernur Ahok bisa menerbitkan Perda tentang itu.

Bisakah diterapkan di Jakarta dengan sukses? Tahu sendiri kan, orang Jakarta ini banyak akalnya. Saat Gubernur Jokowi hendak menerapkan aturan “ganjil-genap” saja, banyak orang kaya ancang-ancang beli mobil lagi, sehingga mobil di rumah bisa lengkap bernomor ganjil dan genap. Bukan menekan jumlah mobil, malah justru meningkat.

Bila Perda mobil bergarasi diterapkan, bisakah dijamin show room mengamankan program Pemprov dengan mewajibkan konsumen menunjukkan bukti kepemilikan garasi? Orang Indonesia ini susah diajak disiplin, tapi doyan diselipin. Akhirnya pasti cingcai-cingcailah. Bisnis sewa garasi pun akan marak, menampung warga kota yang tak punya rumah tapi punya mobil. – gunarso ts

(poskotanews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *