Sejumlah anak bermain di Taman Kota Lembah Gurame, Depok, Jawa Barat, Selasa (27/1). Pemerintah Kota Depok baru memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebesar 15,28 persen dan pada 2015 akan menambah dua taman baru yaitu Taman Lembah Leli dan Taman Lembah Mawar dari total enam taman yang telah dibangun dengan anggaran sekitar Rp. 925 juta. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/Asf/Spt/15.

METROPOLITAN.ID | TANGERANG – Pemkot Tangerang akan membuat taman di sepanjang pinggiran kali dan sungai sebagai tempat rekreasi warga. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan rencana tersebut sudah disampaikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane dan mendapatkan sambutan baik.

Ia mengatakan rencana Pemkot Tangerang untuk memaksimalkan keberadaan sungai dan situ sebagai destinasi wisata baru di Kota Tangerang. “Kita berencana untuk melakukan revitalisasi terkait fungsi bantaran kali, salah satunya kita akan membangun beberapa taman di pinggiran kali Cisadane,” kata dia di Tangerang, Kamis (28/4).

“Selain nantinya bisa mempercantik kota hal tersebut tentunya juga bisa menjadi tempat rekreasi alternatif warga Kota Tangerang,” katanya.

Karena itu, pemkot akan menjadikan Sungai menjadi mukanya Kota Tangerang. Selain tentunya juga berencana untuk membuat jalur transportasim umum sungain yang nantinya bisa nyambung dengan moda transportasi lain seperti kereta api maupun Transjakarta.

“Kita nanti kirimkan rencana revitalisasinya termasuk yang situ di Kota Tangerang,” ucap Arief.

Kepala Bidang Sumber Daya Air Kota Tangerang Taufik Syahzaeni menambahkan Pemkot Tangerang juga telah menerapkan beberapa program diantaranya penurapan dan rehabilitasi tanggul yang dibangun sejak 2010-2014 sepanjang 15.550,63 M. Pada 2015, panjang turap mencapai sekitar 5,458 M yang tersebar di 13 kecamatan. Pengerukan dan pembersihan sungai meliputi 64 di kali/saluran pembuang di beberapa segmen saluran pembuang tersebut.

(republika.co.id)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here