Rileks dan Merasa Lebih Dekat dengan Anak

by -3 views

METROPOLITAN.ID – Menjadi single parent bagi Nyoman Sakyarsih bukan penghalang untuk tetap menjadi ibu yang baik bagi Max. Keasyikan mendaki gunung, ternyata berdampak baik terhadap perkembangan anak lelakinya itu.

Menurut Nyoman, alam sangat mendukung pada perkembangan anak. Sehingga itu menjadikan inspirasi Nyoman untuk mengajak buah hatinya ke gunung. ”Interaksi aku sama Max makin kuat ketika di alam. Karena aku fokus bisa berdua dengan Max. Tetapi ketika di rumah aku diajak main, kadang aku nggak fokus,” ujarnya.

Maklum, sebagai dokter hewan yang memiliki banyak pasien, nyaris waktunya tersita untuk bekerja. Dari perkembangan Max sejak lima bulan hingga tiga tahun kerap menuai pujian dari pengguna medsos. Namun, kritikan dan suara-suara nyinyir kadang dia terima. Baginya, hak itu hanya yang lumrah dan justru dia jadikan sebagai pengingat baginya untuk berbuat yang lebih baik ke depan.

Gunung, baginya adalah sebuah sarana rileksasi di sela-sela kesibukannya sebagai seorang dokter. Bagi Max, Alam menjadikan dia anak yang kuat dan gigih serta pantang menyerah. Selain itu, alam juga mengajarkan Max untuk saling menghargai dengan sesamanya. ”Di gunung Max bisa beriteraksi dengan alam, sabar, berinteraksi dengan orang lain. Aku harap Max bisa peduli dan kuat karena terdidik dengan alam yang selalu berubah-ubah,” paparnya.

Ke depan, Nyoman menginginkan Max menjadi dirinya sendiri. Tidak harus mengikuti jejak ibunya. Dari sekian banyak perjalanan Max ketika mendaki gunung, dikatakan Nyoman agar menjadi ke­nangan. Menurutnya, proses perjalanan itu menjadi pengingat ketika menemukan hambatan dalam hidup. ”Aku harap ada input yang positif untuk Max, jadi tidak hanya senang-senang saja. karena aku tidak tahu sampai kapan aku bisa mendaki gunung,” ucapnya.

Perempuan yang akrab disapa Nyomie ini berharap Max kecil dapat menjadi sosok yang kuat dan menjadi dirinya sendiri. Ketika ia akan terus mendaki, Nyoman tidak berhenti mengingatkan agar tidak melupakan waktu untuk belajar. ”Sekolah tidak boleh terbengkalai, itu bermanfaat untuk Max,” pungkasnya. (ind/els/py)