Waduh, Ibu Rumah Tangga di Sukabumi Gelar Arisan Sabu

by -4 views

METROPOLITAN – Ini sungguh meng­khawatirkan. Di Sukabumi, narkoba men­jadi komoditas arisan di kalangan ibu-ibu. Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi berhasil mengungkap kasus arisan narkoba yang dilakukan para Ibu Rumah Tangga (IRT) tersebut. ”Terungkapnya kasus arisan narkoba ini setelah kami melakukan razia terhadap kumpulan IRT yang diduga menggunakan narkoba. Dari hasil pemeriksaan urine mereka yang ternyata positif mengon­sumsi barang haram jenis sabu,” kata Kepala BNNK Sukabumi Yus Danial, ke­marin.

Menurutnya, dari hasil pengungkapan ini pihaknya menangkap dua orang IRT dan satu lagi setelah pihak keluarganya melaporkan keterlibatan IRT di dunia penyalahgunaan narkoba. Mereka yang terbukti menyalahgunakan narkoba langs­ung dibawa ke Panti Rehabilitasi Narkoba Lido, Bogor. Namun demikian, pihaknya tetap memintai keterangan IRT tersebut untuk mengungkap siapa pemasok nar­kobanya.

Walaupun arisan narkoba sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indo­nesia, tetapi baru kali ini terjadi di wi­layah hukumnya. Tidak menutup kemun­gkinan kasus seperti ini masih ada se­hingga pihaknya terus meningkatkan pengawasan dan pengungkapan. ”Pe­redaran narkoba sudah tak lagi pandang bulu. Sehingga, siapa pun bisa menjadi korban. Untuk itu kami berupaya memu­tus mata rantai peredaran barang haram ini,” tambahnya.

Di sisi lain, Yus Danial mengatakan, ganja dan sabu merupakan dua jenis narkoba yang paling sering ditemukan di Kabupaten Sukabumi. Hal itu terjadi karena sudah banyak warga yang men­jadi pencandunya. Untuk itu, dalam pengungkapan kasus peredaran nar­koba, pihaknya tidak bisa bekerja sen­diri. Melainkan perlu adanya keterliba­tan seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mencegah peredaran barang haram itu.

(bis/els/run)