Buka Puasa di Soto Kauman Depok, Cukup Bayar Pakai Doa

by -

METROPOLITAN.ID | Depok – Memasuki bulan suci Ramadan, Soto Kauman Express di Jalan Raya Sawangan mempunyai cara unik untuk bersedekah. Restoran tersebut membuat promo berbuka puasa bayar dengan doa selama Ramadan.‎

Menu pilihan yang bakal diberikan untuk hidangan berbuka puasa, yakni soto original, tiga butir buah kurma, minuman segar, dan makanan pilihan. Empat menu makanan bakal tersaji bagi pengunjung yang datang untuk berbuka puasa pada pukul 18.00-18.30. ‎

Pemilik Rumah Makan Soto Kauman Express, Ubaidillah, mengatakan promo buka puasa bayar pakai doa merupakan program unggulan rumah makan miliknya selama Ramadan. Program buka puasa bayar pakai doa sudah memasuki tahun ketiga.

“Kami sediakan 50 porsi hidangan buka puasa gratis khas Soto Kauman Express,” kata Ubaidillah, Senin, 6 Juni 2016.

Soto Kauman Express mempunyai cita rasa seperti soto Kudus. Air kaldu ayam dengan campuran bawang putih dan merah goreng, membuat soto tersebut terasa gurih. Suwiran ayam kampung yang legit, taoge, dan seledri, menjadi isi soto original khas rumah makan itu.

“Kami menamakan soto original ini soto Depok. Sebenarnya dari rasa sama seperti soto Kudus. Hanya saja soto Depok menggunakan emping, tidak seperti soto Kudus yang tidak menggunakan emping,” ucapnya.‎

 

Untuk menu pilihan, Rumah Makan Soto Kauman menyediakan sepuluh varian untuk para pengunjung yang datang. Menu pilihan ini ditentukan oleh rumah makan, untuk diberikan sebagai hidangan berbuka puasa.

Adapun menu pilihan yang disediakan untuk menemani hidangan berbuka puasa di antaranya cireng, empek-empek, somay, singkong Thailand, kebab, roti mariam, serabi, otak-otak, combro, dan pisang molen.

‎Ia mengatakan menu pilihan ini berasal dari sumbangan para pemilik usaha kecil dan menengah yang ada di Depok. “Menu pasti untuk hidangan hanya soto dan kurma. Menu pilihan setiap hari berganti dari sepuluh jenis makanan yang dihidangkan.”

Untuk minuman di hari pertama, Soto Kauman memberikan pengunjung segarnya jus belimbing. Jus belimbing dipilih sebagai minuman pertama sesuai ikon Kota Depok. Selain jus belimbing, tersedia variasi minuman segar lainnya yang berganti-ganti setiap harinya, seperti teh segar, milk shake, dan es buah.‎

Ubaidillah mencetuskan program buka puasa bayar pakai doa karena melihat keutamaan orang yang berpuasa. Sebab, doa orang yang berpuasa pada Ramadan mempunyai keutamaan.

Selain itu, orang yang memberi makan orang yang puasa, mendapatkan pahala yang sama dengan yang menjalani ibadah itu. “Sebenarnya yang datang juga membayar kepada kami. Tapi, bayar pakai doa, yang lebih menjadi keutamaan selama Ramadan,” katanya.

‎Setiap orang yang datang diberikan secarik kertas seukuran kartu nama dan pulpen untuk mengisi doa untuk Soto Kauman. Setelah berbuka puasa, kertas tersebut tinggal dikembalikan ke kasir untuk membayar makanan yang sudah dihidangkan.

‎Promo ini hanya berlaku untuk 50 orang yang datang pertama saat jam buka puasa. Soalnya, kapasitas bangku yang tersedia di Soto Kauman hanya untuk 50 orang. Untuk banderol harga Soto Kauman Rp 12-25 ribu. “Kira-kira untuk hidangan yang kami berikan ke satu pengunjung Rp 20-25 ribu,” ujarnya.

Ia mengaku dengan melakukan promo gratis berbuka puasa di Kauman, meningkatkan pendapatannya. Soalnya, banyak orang yang memesan soto buatannya di berbagai acara. “Tidak rugi. Malah keuntungan selalu meningkat 50 persen. Sebab, banyak tulis doa biar berkah usaha saya,” ucapnya diselingi tawa.‎

Pria yang mempunyai tiga orang anak ini, mengaku membuat promo buka puasa pakai doa terinspirasi saat makan di salah satu restoran di Jakarta. Namun, saat itu restoran tempat dia makan, hanya memberikan diskon 50 persen, bagi pengunjung yang datang saat buka puasa. “Jadi, saya sekalian saja makan gratis, sekalian berbagi untuk yang menjalani ibadah puasa,” ujarnya. ‎

(tempo.co)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *