Dodol Buah Aneka Rasa Asli Karacak Jadi Terkenal

by -2 views

Buah durian dan manggis merupakan salah satu ikon Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang. Memanfaatkan hasil panen buah tersebut, ibu rumah tangga di Kampung Cengal Desa Karacak yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) Karya Mekar berhasil mengembangkan usaha kuliner dodol aneka rasa buah.

KEBERHASILAN KWT Karya Me­kar mengembangkan bisnis dodol tak lepas dari tangan dingin Ketua KWT Maju Bersama Desa Karacak, Wamih (60), untuk mengajak warganya maju. Perempuan yang memiliki sepuluh anak ini sengaja memanfaatkan hasil kebun dengan menciptakan dodol olahan.

Mulai dari rasa durian, manggis, nanas, tomat dan melinjo. Sedikitnya ada 15 anggota di Desa Karacak yang berhasil memanfaatkan hasil panen buah yang ada di lingkungan. Bahkan dari ketela­tenan, ketekunan dan kebersamaan para ibu rumah tangga desa tersebut menjadi contoh desa lain dalam peng­embangan usahan kuliner.

Wamih mengatakan, KWT Karya Mekar dibentuk pada Oktober 2014. Dengan pemanfaatan potensi buah-buahan, akhirnya KWT Karya Mekar dapat berinovasi membuat dodol buah aneka rasa. Tak hanya dodol, Wamih juga membuat produk lainnya seperti tengteng dan keripik pisang. “Biasanya dodol dijual ke konsumen dengan harga satu kilonya Rp40 ribu, sedangkan tengteng beras dijual per kemasan Rp10 ribu,” ujar Wamih, ke­marin.

Kini, ia pun kerap mengisi pameran di sejumlah daerah untuk memperke­nalkan produk olahannya. “Kita harap pemerintah daerah bisa lebih memper­hatikan lewat bantuan permodalan kepada para KWT yang ada di desa,” pungkasnya.

(ads/b/feb/wan)