Gali Potensi Teknologi, Kota Bogor Bangun Kerja Sama dengan Seoul

by -

METROPOLITAN.ID |Bogor- Wali Kota Bogor Bima Arya dijadwalkan berada di Seoul, Korea Selatan selama tiga hari 8-10 Juni 2016 untuk membangun kerja sama dengan Ibu Kota Negeri Ginseng itu terkait pertukaran informasi dalam kebijakan dan teknologi di antara dua kota.

Kepala Bagian Humas Pemerintah Kota Bogor, Encep Moh. Ali Alhamidi menuturkan, rencananya, Bima akan melakukan penandatanganan surat pernyataan minat (letter of interest/LoI) dengan Wali Kota Seoul. Penandatangan LoI ini akan dilakukan bersamaan dengan kehadiran Bima pada International Forum on Urban Policy for Sustainable Development Goals pada 8-10 Juni 2016 di Seoul, Korea Selatan. Acara ini diselenggarakan Pemerintah Kota Metropolitan Seoul (SMG) bersama UN-ESCAP (United Nations Economic and Social Commission for Asia and The Pacific) dan CityNet.

“Jadi di sesi strengthening inter-city cooperation dan policy sharing, Wali Kota Seoul dan Wali Kota Bogor akan bertemu secara khusus membicarakan kerja sama antara Kota Seoul dan Kota Bogor. Pada sesi ini, akan dilakukan penandatanganan LoI antara kota Bogor dan kota Seoul,” ujarnya, Rabu (8/6).

Letter of Interest sambung Encep bersiikan kesepahaman kerja sama yang menguntungkan antara masyarakat kedua kota tersebut. LoI bertujuan sebagai ajang pertukaran informasi dalam kebijakan dan teknologi di antara dua kota dan bekerja sama dalam pembangunan kota cerdas di Bogor. Untuk tahap selanjutnya, LoI ini akan dituangkan ke dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding). “Kerja sama tersebut berupa alih teknologi dan pengetahuan berbentuk peningkatan SDM (sumber daya manusia) Pemerintah Kota Bogor,” kata Encep.

Pada forum internasional ini, kata Encep, Bima juga dijadwalkan menyampaikan paparan tentangBogor Green, Smart and Heritage City.

International Forum on Urban Policy for Sustainable Development Goals adalah forum untuk berbagi pengalaman dari kota-kota yang sukses dalam pengelolaan kota. Selain itu, untuk mendiskusikan isu-isu utama dalam pembangunan perkotaan mulai dari perencanaan kota, transportasi, pengelolaan air bersih, permukiman, lingkungan hidup dan perubahan iklim, keamanan dan e-government.

beritasatu.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *