Sidang Paripurna DPR Bacakan Surat Pengajuan Calon Kapolri !

by -

METROPOLITAN.ID– Untuk menjadi Kapolri pada periode ini, Presiden Joko Widodo telah mengusung Komisaris Jenderal (Komjen) Tito Karnavian untuk menjadi calon tunggal kepada pihak DPR. Dalam acara rapat panipurna, surat pengajuan tersebut akan dibacakan.

Dalam rapat paripurna yang digelar hari ini, Senin, 20 Juni 2016 Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan yang membacakan surat-surat yang telah masuk ke DPR termasuk surat pergantian jabatanKapolri. Pada saat itu, Taufik juga didampingi oleh Ketua DPR, Ade Komarudin, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Agus Hermanto.

Akan tetapi, dalam rapat tersebut tidak dibahas mengenai calon kapolri yang akan diusung. Sedangkan pihak komisi II DPR Junimart Girsang sebelum rapat dilaksanakan menyatakan jika pihaknya hanya tinggal menunggu pembahasan surat di dalam rapat paripurna tersebut.

Jika nantinya pengajuan tersebut disetujui, maka komisi III akan melakukan tahap selanjutnya terkait dengan pencalonan kapolri. Dilain pihak, Ketua Fraksi PPP Reni Marlinawati telah mengatakan jika pihaknya menghormati keputusan dari Presiden Joko Widodo.

Pasalnya, selama ini Tito Karnavian telah dikenal oleh masyarakat sebagai pribadi yang mempunyai integritas, profesional dan juga cerdas. Dengan mengajukan Tito sebagai kapolri, nampaknya akan menjadi awal yang baik untuk regenerasi organisasi Polri.

Regenerasi tidak lagi dipilih berdasarkan umur dan juga angkatan namun dengan profesionalitas. Selama ini Tito juga tidak pernah terlibat dalam pusaran politik manapun. Jadi hal ini akan semakin baik untuk dijadikan calon kapolri.

Walaupun begitu, sikap dari fraksi PPP tetap ditentukan oleh keputusan dari Komisi III DPR. Hal tersebut lantaran komisi III merupakan komisi yang akan membahas proses selanjutnya terkait dengan proses pencalonan dari Tito Karnavia.

Dalam pencalonan kali ini, Tito Karnavian akan menggantikan Kapolri yang mendekati masa pensiun Badrodin Haiti. Karena usianya yang terlalu muda, sebelumnya sejumlah orang mengungkapkan ketidak setujuan juka Tito dijadikan calon tunggal.

Namun, Presiden Joko Widodo tetap yakin terhadap keputusannya mengusung Tito menjadi calon tunggal.

(smeaker.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *