Tak Pakai Helm, Pelajar Ini Dihukum Nyanyi Indonesia Raya

by -

METROPOLITAN.ID | TANGERANG – Kepolisian melaporkan data pelanggaran lalu lintas yang terjaring Operasi Patuh Jaya (OPJ) 2016 yang digelar selama dua pekan lalu, didominasi oleh pengendara sepeda motor.

Operasi yang berakhir pada Minggu (29/5/2016), mencatat 6.085 pelanggar lalu lintas yang ditindak Satlantas Polres Metro Tangerang. Salah satunya adalah para pelajar yang mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm dan berboncengan lebih dari dua orang.

Namun, tidakan yang diberikan petugas kepada para pelajar yang terjaring di Jalan Raya Daan Mogot ini, bukan dalam bentuk sanksi tilang. Melainkan dihukum untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membaca Pancasila.

Kasat Lantas Polres Metro Tangerang, AKBP Hasbullah mengatakan, hukuman yang diberikan kepada pelajar lebih kepada pembinaan. Mendidik mereka serta memberikan pengetahuan mengenai keselamatan berkendara.

“Mereka memang kebanyakan belum memiliki SIM. Namun, ketika bisa menunjukkan surat kendaraan dan kartu pelajarnya, kami mengimbau agar berhati-hati dalam berkendara. Untuk pelajar yang melanggar seperti tidak menggunakan helm dan boncengan bertiga, kami menindaknya dengan menyanyikan lagu kebangsaan,” terang Hasbullah, di Jakarta pada pekan lalu.

Berkaca dari kejadian ini, pendidikan tertib lalu lintas dan keselamatan berkendara penting diberikan semenjak usia dini, dan bukan tugas penegak hukum semata. Tetapi diperlukan peran orang tua dalam mengedukasi anak.

(metrotvnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *