Asyik, 6-7 Agustus Ada Festival Kopi di Cibinong

by -19 views

METROPOLITAN – Pertama kalinya dalam sejarah, festival kopi akan di­gelar di Kabupaten Bogor bertajuk Bogor Coffee Festival 2016. Sesuai namanya, festival yang digagas Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor ini digelar untuk menampilkan kopi-kopi khusus produksi Kabupa­ten Bogor. Sebab, selama ini Kabu­paten Bogor memiliki lahan dan hasil panen cukup besar. Kopi dari Kabupaten Bogor yang didominasi arabika dan robusta, tak banyak di­kenal para pecinta kopi di Indonesia, apalagi dunia internasional.

Puncak kegiatan Bogor Co­fee Festival 2016 akan digelar pada 6-7 Agustus. Membidik masyarakat umum khususnya keluarga, lokasi yang dipilih adalah Cibinong City Mall. Nantinya dalam acara terse­but akan digelar beragam pameran yan mencakup kopi-kopi dari Kabupaten Bogor, peralatan tani dan olah kopi serta data sejarah kopi. Dilakukan pula penilaian kualitas biji-biji kopi pro­duksi asli Kabupaten Bogor oleh banyak ahli yang sudah bersertifikat. Setelah itu, kopi-kopi tersebut akan di­lelang pada para pelaku in­dustri kopi.

”Kami ingin memperlihat­kan bahwa Kabupaten Bogor juga punya kopi hasil pro­duksi sendiri. Banyak yang belum tahu itu, sekalipun para pegiat kopi. Kegiatan ini nantinya diharapkan bisa meningkatkan kesejah­teraan petani jika kopi me­reka sudah dikenal banyak orang, baik di tingkat na­sional maupun internasio­nal,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bogor Siti Nuri­anty di kantornya.

Sampai 2015, Kabupaten Bogor tercatat memiliki area perkebunan kopi hampir 3.000 hektare yang terdiri dari 2.812 hektare kopi ro­busta dan 143 hektare kopi arabika. Dari total lahan-lahan tersebut bisa dihasil­kan lebih dari 2.400 ton biji kopi yang terdiri dari 2.328 ton kopi robusta dan 121,86 ton kopi arabika. Se­banyak 19.800 warga Kabu­paten Bogor menggantung­kan hidupnya di semua kegiatan perkebunan kopi tersebut.

(pik/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *