PERNIKAHAN adalah momen sakral yang sangat dinanti setiap orang. Keba­hagiaan pasti dirasakan pasangan yang menikah. Tak hanya itu, kebahagiaan itu juga dirasakan kedua belah pihak kelu­arga. Nah, di dalam Islam, memilih pa­sangan tak bisa dilakukan sembarangan. Sebab, salah satu tujuan menikah adalah meraih ridho Allah SWT. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan memilih pasangan yang saleh dan salehah.

Meski merupakan sunnah Rasul, ternyata ada beberapa macam pernikahan yang di­ancam Rasulullah SAW. Pela­kunya pun akan mendapat keburukan bukan hanya di dunia, namun juga di akhirat. Berikut ini pernikahan yang mendapat ancaman dari Ra­sulullah SAW.

Pertama karena kedudukan. Seseorang yang menikah bu­kan karena memandang akhlak atau agama calon pasangannya, melainkan karena tingginya kedudukan dan derajat yang mulia dalam pandangan se­sama manusia, maka ia akan mendapat kebalikannya dari Allah SWT yaitu sebuah ke­rendahan.

Kedua karena harta benda. Seseorang yang menikah hanya karena memandang harta benda yang dimiliki calon pa­sangannya maupun keluarga­nya, maka sejatinya ia men­jadi orang miskin yang sesung­guhnya.

Padahal, seseorang yang miskin lalu ia memutuskan untuk menikah, maka Allah SWT menjanjikannya kekay­aan dan kecukupan di dalam hidup. Sedangkan orang-orang yang menikah hanya karena memandang harta calonnya dengan harapan harta itu ke­lak menjadi miliknya, maka sesungguhnya ia adalah orang yang sangat merugi.

(dre/er/ wan)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here