BERSIH-BERSIH KALI RANGGA GADING

by -9 views

Tumpukan sampah di bantaran Sungai Rangga Gading menjadi perhatian warga Kampung Cimanggu, RT 12/02, Desa Cimanggu II, Keca­matan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. Untuk menuntaskannya, warga pun gotong-royong membersihkan bantaran sungai sambil membas­mi jentik nyamuk yang jadi penyebab munculnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

GIAT bersih-bersih ini memang sudah rutin dilakukan. Selain mengantisipasi munculnya penyakit DBD, aksi ini juga untuk mencegah terjadinya banjir yang sering mengan­cam lingkungan warga. “Kami tak ingin banjir mengancam rumah warga. Makanya sampah yang ter­kumpul nantinya dibakar. Lingkungan bersih tentunya harapan warga,” ujar Ketua RW 02, Hendi.

Lelaki yang akrab disapa Kupling ini mengatakan, selain membersihkan saluran, pihaknya juga difasilitasi pemerintah kecamatan melakukan fogging. “Alhamdulillah pemerintah mendorong agar kawasan ini bebas penyakit. Jadi jentik nyamuk insya Allah mati semua,” tuturnya. Men­urutnya, giat bersih-bersih kampung ini sangat positif. ”Intinya kita kerja bakti sekaligus menjalin silaturahmi antarwarga,” kata dia.

Terpisah, Sekretaris Desa Cimang­gu II Ujang Furdani menambahkan, tidak hanya membersihkan sungai, ketika ada pembangunan di wi­layah, masyarakat turut dilibatkan dengan bekerja bakti membangun jalan. Seperti pengaspalan jalan desa di Kampung Cisaer dan Kam­pung Kalapahotmik. “Alhamdulillah, warga sangat antusias mengerjakan pembangunan jalan dan respons masyarakat akan kegiatan gotong-royong pun masih cukup kuat,” pungkasnya.

(ads/b/feb/wan)