Hobi Mancing Datangkan Untung Bisnis

by -

Berawal dari hobi memancing, Erwan (41) warga Kampung Cibungbulang, RT 05/03, Desa Cimanggu II, Kecamatan Cibungbulang, memilih membuat umbul-umbul pancing sendiri. Kemampuannya merakit alat pancing berbuah manis dengan dibukanya bisnis kerajinan pembuatan umbul-umbul pancingan. Bahkan omzetnya hingga puluhan juta.

Laporan: Ade Sumantri

SUDAH sepuluh tahun Erwan meng­geluti bisnisnya. Ia berhasil menemu­kan peluang bisnis dengan mencip­takan umbul-umbul pancing yang jadi kebutuhan para pemancing. Tepat di tahun 2000, ia akhirnya membuka usaha umbul-umbul dengan inovasi menggunakan bahan spon (busa). “Orang lain banyak membuat umbul-umbul berbahan kayu, namun kita menggunakan bahan spon,” ujar Icang sapaan akrab Erwan.

Menurutnya, umbul-umbul berba­han spon yang diproduksinya banyak dicari para pemancing. Selain murah, ternyata memiliki keunikan tersen­diri. Pembuatan umbul-umbul di­bantu 26 karyawan yang berasal dari warga sekitar. Dalam sehari, Icang bisa membuat 20 ribu umbul-umbul dengan berbagai model dan ukuran. “Umbul-umbul yang dibuat dari mu­lai ukuran K3 sampai nomor 8 dan dijual ke konsumen dengan harga Rp70 sampai Rp90 per bijinya,” be­bernya.

Ia menjelaskan, untuk pembuatan umbul-umbul bisa dikerjakan sen­diri, mengingat pekerjaan ini perlu ketelitian. Proses pembuatan dimulai dari dipola, dibubut, diselang baru dikemas. Sedangkan bahan spon dan lem dibeli dari daerah Bogor. “Umbul-umbul yang dibuat dijual ke wilayah Sumatera, Kalimantan dan Malaysia,” ujar bapak tiga anak itu.

Dengan modal kejujuran dan keu­letan, usaha yang dijalaninya selama sepuluh tahun bisa menyekolahkan ketiga anaknya. “Kita mengharapkan pemerintah daerah bisa memberi bantuan permodalan kepada para UKM untuk mengembangkan usaha,” pungkasnya.

(ads/b/feb/wan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *