Lurah Kencana Pantau MPLS di MTs

by -0 views

BOGOR – Guna memastikan tidak ada perpeloncoan, Lurah Kencana, Kecama­tan Tanahsareal, Kota Bogor, Syafei R, memantau kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di sejumlah sekolah yang ada di wilayahnya, kemarin.

Lurah Syafei mengunjungi dua seko­lah MTs (Madrasah Tsanawiyah), ya­kni MTs Mambaul Islam dan MTs Siro­djul Huda. Selain melihat langsung kegiatan MPLS, Syafei berkesempatan memberi arahan kepada para siswa baru yang sedang mengikuti MPLS. “Kita bersama Kasi Trantib datang ke sekolah ini hanya ingin melihat langs­ung kegiatan MPLS,“ kata Syafei ke­pada Metropolitan.

Menurutnya, mulai Tahun Pelajaran 2016/2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghapus Masa Orientasi Siswa (MOS) yang selama ini sering diwarnai perpeloncoan dengan berbagai variasi bentuknya.

Sebagai penggantinya, kata Syafei, Ke­mendikbud mengeluarkan regulasi Per­mendikbud Nomor 18 Tahun 2016 menge­nai Masa Pengenalan Lingkungan Seko­lah (MPLS). “Selamat datang di sekolah ini. Hari ini adalah hari baru bagi adik-adik semua,” ujar Syafei di hadapan murid baru MTs Mambaul Islam.

Dirinya juga berpesan kepada setiap siswa untuk rajin belajar dan bisa menger­jakan tugas dengan baik. “ Semoga adik–adik semua bisa mengikuti proses pendidikan di sekolah ini sampai lulus nanti,“ ucapnya.

Syafei mengatakan, dari ha­sil kunjungannya di dua seko­lah yang ada di wilayahnya, kegiatan MPLS telah berjalan cukup baik. Materi kegiatannya pun sangat positif seperti ke­giatan kepramukaan dan penyuluhan-penyuluhan, baik oleh guru maupun dari pihak terkait lainnya seperti unsur kepolisian. Pada Tahun Pela­jaran 2016/2017, murid baru yang mendaftar ke MTs Mam­baul Islam tercatat sebanyak 150 murid atau empat rombel (rombongan belajar). Sedang­kan MTs yang mendaftar ke MTs Sirojul Huda tercatat 80 murid.

(tur/ar/feb/wan)