Pemkot Sukabumi Dukung Voucher Raskin

by -3 views

METROPOLITAN – Rencana pemerin­tah pusat memberlakukan program voucher untuk penyaluran raskin, disambut baik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi. Bahkan, pihaknya mendukung program dan kebijakan tersebut karena dinilai akan lebih baik bagi masyarakat. Namun, sampai saat ini pemkot belum menerima infor­masi lanjutan petunjuk pelaksanaan maupun teknisnya. “Memang belum ada informasi. Biasanya kalau sudah ada, tentunya ada surat edaran mel­alui Kementerian Dalam Negeri (Ke­mendagri) atau Kementerian Sosial (Kemensos). Kalau itu sudah ada (surat edaran, red), pasti kami akan menindaklanjutinya,” kata Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Sukabumi Cecep Mansyur.

Saat ini jumlah penerima manfaat raskin di Kota Sukabumi sebanyak 14.975 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Sedangkan jumlah raskin yang dialo­kasikan sebanyak 2.695.500 kilogram. Estimasinya, setiap RTS menerima sebanyak 15 kilogram raskin per bu­lan selama 12 bulan dengan harga Rp1.600 per kilogram. “Sampai seka­rang penyaluran raskin sudah delapan kali dan sudah kami salurkan hingga Agustus,” ujar Cecep.

Ia juga mengatakan, sejauh ini ras­kin sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok. Sebab, perannya sangat strategis ke­tika harga beras di pasaran melambung. “Apalagi dengan kualitas yang relatif bagus, harga raskin terbilang cukup murah. Fungsi dan perannya men­jadi penyeimbang kestabilan. Jika terjadi kelangkaan beras, raskin bisa menjadi solusi masyarakat yang mem­butuhkan. Tentu ini sangat mem­bantu,” jelasnya.

Wacana diluncurkannya voucher raskin tentunya sudah melalui kajian pemerintah. Pemkot juga akan men­dukung berbagai program pemerintah selama tujuannya untuk meningkat­kan kesejahteraan masyarakat. “Pas­tinya kebijakan itu akan lebih baik untuk kepentingan masyarakat,” pung­kasnya.

(jmol/els/run)

Loading...