Pergi Gelap Pulang Gelap, Tetap Setia Jalani Tugas

by -

Menjadi polisi wanita (polwan) bukanlah hal mudah. Terlebih bagi mereka yang telah berkeluarga dan memiliki anak. Di tengah segudang tugasnya melayani masyarakat, mereka harus pandai-pandai mengatur waktu agar keluarganya tidak terbengkalai. Kondisi ini yang dirasakan Kepala Unit Lalu Lintas (Kanit Lantas) Polsek Cibinong AKP Elsie Fitria Anggraeni. Perempuan tangguh ini tetap bisa menjalani tugas dengan baik tanpa meninggalkan keluarga di tengah kesibukannya mengatasi berbagai permasalahan lalu lintas.

Laporan: Nur Arifin

SETIAP hari, ibu dua anak ini selalu berangkat sehabis subuh. Sebab, tempat ting­gal dengan wilayah tugasnya tergolong jauh. Elsie tinggal di daerah Tangerang, Ban­ten, sementara ia bertugas di Polsek Cibinong, Bogor. Namun, kondisi ini tak me­nyurutkan semangatnya mengemban tugas mulia sebagai abdi masyarakat. “Karena perjalanan dari rumah cukup panjang, setiap hari saya berangkat sehabis subuh ketika masih gelap dan tiba di rumah juga ka­dang hingga larut malam. Jadi pergi gelap, pulang gelap,” ujarnya kepada Met­ropolitan, kemarin.

Sebagai konsekuensinya, lulusan Akpol 2006 ini ter­paksa harus meninggalkan dua buah hatinya saat ma­sih dalam keadaan terlelap. Sesampainya di Pos Lalu lintas Cibinong, Elsie bia­sanya langsung memimpin personelnya sebelum mela­kukan pengaturan lalu lin­tas di wilayah Ibu Kota Ka­bupaten Bogor. Rutinitas ini dilakukannya setiap hari tanpa mengeluh meski ha­rus jauh dari keluarga.

Menurut Elsie, dirinya selalu memaksimalkan waktu malam hari sepulang tugas untuk bercengkrama dengan suami dan dua buah hatinya. Saat-saat seperti ini menjadi momen pengobat lelah setelah se­harian bertugas melayani masyarakat. Jika libur tiba, ia pun selalu menghabiskan waktu bersama keluarganya dengan jalan-jalan dan beraktivitas lainnya. “In­tinya komunikasi harus tetap lancar. Jika ada wak­tu luang selalu saya habis­kan bersama-sama,” tutur­nya ramah.

Meski demikian, Elsie mengaku sering mendapat protes dari anak pertamanya yang baru menginjak kelas dua sekolah dasar. Sang anak selalu menanyakan dan meminta waktu lebih ketika sang ibu bertugas. Namun dengan penjelasannya, sang anak perlahan-lahan mulai mengerti meski belum mengetahui tugasnya seba­gai polisi. “Namanya anak kecil kadang suka rewel. Waktu Lebaran kemarin dia juga sempat protes minta diajak jalan-jalan dan saya masih bertugas. Tetapi pelan-pelan mereka akan mengerti tugas seorang po­lisi,” katanya.

Oleh karena itu, dirinya berharap polwan semakin diterima. Sebab, tidaklah mudah menjadi seorang polwan sekaligus ibu rumah tangga. Namun demikian, Elsie mengaku selalu men­jalani tugas tanpa beban dan penuh tanggung jawab. Menjadi polisi merupakan tugas mulia yang harus di­jalani dengan ikhlas. “Mari hilangkan kesan menakut­kan pada polisi dan saya berharap kepolisian sema­kin maju dan lebih baik lagi ke depannya,” pungkas­nya.

(fin/b/ram/run)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *