BTN Ajak Anak Sekolah Keliling Indonesia

by -0 views

METROPOLITAN – PT Bank Tabung­an Negara (Persero) Tbk atau BTN mengajak pelajar berkeliling nusan­tara dalam Program “Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir untuk Negeri”. Para siswa sebagai penerus generasi bangsa diharapkan lebih mengenal dan mencintai negerinya.

Direktur BTN Sulis Usdoko menga­takan, program yang terangkum dalam Siswa Mengenal Nusantara (SMN) itu pada umumnya lebih diarahkan agar siswa mengenal daerah yang dikun­jungi, baik dari sisi ekonomi, budaya ataupun pendidikan. “Siswa juga akan diberikan pengalaman berkunjung di sejumlah BUMN untuk mengetahui peran BUMN turut membangun dae­rah,” ujar Sulis.

Saat ini, BTN menerima 20 siswa per­wakilan dari Ternate yang akan dibe­rangkatkan ke Palembang, Sumatera Selatan. Sebaliknya, pada 4 Agustus 2016, 20 siswa perwakilan dari Palembang akan diterima untuk diberangkatkan ke Ternate, Maluku Utara.

Dengan mengikuti kegiatan itu, siswa diharapkan akan memperoleh pengalaman dalam kewirausahaan bersama teman-teman dan lingkungan­nya usai mengikuti Program SMN saat mereka kembali ke daerahnya.

“Ini adalah kesempatan baik bagi para siswa mengikuti program SMN, karena terbuka untuk semua siswa kelas XI SMU/SMK/SLB dengan ke­tentuan yang telah ditetapkan. Mis­alnya, siswa harus memiliki pre­stasi akademik atau nonakademik, aktif berorganisasi, mudah berso­sialisasi atau dari keluarga kurang mampu,” jelasnya.

Ia menambahkan, Program Kemen­terian BUMN itu mulai digalakkan sejak 2015. Saat itu BTN mengkoor­dinir pelaksanaan sejenis di wilayah Papua bersama ASABRI dan Peru­sahaan Pengelola Aset (PPA). Saat ini BTN pun akan bersinergi dalam penyelenggaraan kegiatan terkait peringatan HUT ke-71 RI di wilayah Maluku Utara.

(*/els/py)