Metropolitan.id –  SETAN akan melakukan berbagai cara untuk menjerumuskan manusia agar mengikuti jejaknya ke Neraka. Saat cara yang satu gagal, maka ada seribu cara lainnya yang akan digunakan setan untuk menyesatkan manusia.

Upaya setan menjerumuskan manusia dimulai saat masih bayi. Lebih tepatnya ketika bayi baru lahir, setan akan langsung datang menghampiri dan menjalankan aksinya. Sehingga seketika itu juga sang bayi akan menangis.

Dalam sebuah hadis dise­butkan dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW ber­sabda, ”Tidak ada seorang bayi pun dari anak Adam yang terlahir kecuali ia pasti menda­patkan tusukan dari setan sehingga bayi itu menangis dan menjerit karenanya, kecuali Maryam dan putranya (Nabi Isa AS).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kemudian dalam hadis lain­nya disebutkan Rasulullah SAW bersabda, ”Jeritan bayi ketika lahir adalah karena mendapat tusukan setan.” (HR. Muslim)

Sehingga dari kedua hadis tersebut diketahui bahwa semua bayi yang lahir akan didatan­gi setan dan diganggu pada saat dilahirkan. Kedatangan setan pada saat itu adalah un­tuk menancapkan tusukan ujung jarinya pada kedua mata anak Adam.

Dalam hal ini tujuan setan adalah untuk menutup pan­dangan bayi dari perbuatan baik. Sehingga kelak di ke­mudian hari anak Adam ter­sebut menjadi pengikut se­tianya. Sebab, matanya tak bisa melihat dengan benar antara yang baik dan yang jahat.

Oleh sebab itulah, Rasulullah SAW pun memberi tuntunan kepada umatnya agar terhin­dar dari gangguan setan pada saat dilahirkan. Apa sajakah itu?

Pertama adalah dengan dia­zani pada telinga kanan dan diiqamahkan pada telinga kiri sang bayi. Hal itu dilakukan sehingga setan akan lari terbi­rit-birit setiap kali mendengar suara azan. Sebagaimana ri­wayat hadis bahwa, ”Apabila panggilan salat (Adzan) diku­mandangkan, maka setan akan lari sabil terkentut-kentut hingga ia tidak mendengar azan lagi. (HR. Bukhari dan Muslim).

Kedua adalah dibacakan surah Al-Ikhlas pada kedua telinganya. Dalam kitab Al Adzkar Al Nawawiyyah, Imam Muhyiddin Abi Zakaria Yahya menjelaskan bahwa Rasulullah SAW membacakan surah Al- Ikhals pada telinga bayi yang baru dilahirkan

Ketiga yaitu mendoakan bayi yang baru lahir. Dalam penje­lasan sebelumnya disebutkan bahwa semua bayi yang di­lahirkan akan disentuh setan terkeculai Maryam dan putra­nya. Hal ini dikarenakan saat Maryam lahir, ayahnya Imran memohon doa kepada Allah SWT yang diabadikan dalam surah Ali Imran ayat 36.

Doa tersebut ternyata dika­bulkan Allah SWT dan bahkan keturunan Maryam yaitu Nabi Isa AS tidak berani disen­tuh setan. Rasulullah SAW pun menganjurkan umatnya mem­baca doa ini agar bayinya ter­hindar dari godaan setan.

(dre/ pal/er/wan)

BACA JUGA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here