Banjir Bandang Garut, Satu Orang Belum Ditemukan, Puluhan Lainnya Luka-luka

by -4 views

Metropolitan.id – Banjir bandang menerjang daerah Bayongbong, Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Banyuresmi, Karangpawitan, Kabupaten Garut, Rabu, 21 September 2016 sekitar pukul 01.00 WIB. Meluapnya Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri menyebabkan banjir bandang hingga ketinggian 1,5-meter. Berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Garut terdapat 8 orang tewas, 1 orang hilang, 4 orang luka berat, 26 orang luka ringan dan ratusan orang mengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui siaran persnya mengatakan, hujan berintensitas tinggi dan berdurasi panjang, ditambah tingginya tingkat kerentanan telah menyebabkan bencana banjir dan longsor di Kabupaten Garut dan Kabupaten Sumedang.

“Pencarian dan penyelamatan korban masih terus dilakukan Tim SAR gabungan dari Basarnas, BPBD, TNI, Polri, Tagana, PMI, relawan dan masyarakat. Ratusan pengungsi ditempatkan di kantor Korem. BPBD Provinsi Jawa Barat membantu penanganan darurat. Posko dan dapur umum telah didirikan. Bupati Garut menunjuk Dandim sebagai komandan tanggap darurat. Pendataan masih dilakukan,” tutur Sutopo.

Berdasarkan pantauan “PR”, saat ini korban luka-luka mendapat perawatan di RS Guntur. Korban masih shock atas kejadian yang menimpa warga dalam waktu singkat itu. Sebagian korban ditemukan dalam keadaan pinsan.

Korban menalami luka di tubuhnya akibat tertimpa benda di rumahnya, atau terlilit kabel. M. RIki misalnya, mengalami luka di bagian leher akibat tertimpa lemari. Sementara putrinya, Nabila, harus dioperasi kakinya karena tertimpa benda berat.

Sutopo menjelaskan, hujan deras sejak Selasa, 20 September 2016 pukul 19.00 WIB menyebabkan debit Sungai Cimanuk dan Sungai Cikamuri naik secara cepat. Pukul 20.00 Wib banjir setinggi lutut kemudian sekitar jam 23.00 Wib banjir setinggi 1,5 – 2 meter. Saat ini sebagian banjir sudah surut. “Ini menunjukkan kondisi hulu DAS Cimanuk sudah rusak dan kritis,” ujarnya.

sumber : Pikiran Rakyat

Loading...